Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Selatan

Wisata di Atas Sungai Pariangan di HSS Kian Digemari, Ekonomi Warga Berdampak Positif

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 234,407 kali

Memanfaatkan Sungai Amandit yang surut, wisata Pariangan kini makin populer di HSS (dok, tribunnews.com)

BêBASbaru.com, HULU SUNGAI SELATAN – Mungkin pola liburan warga Kalsel dan juga propinsi tetangga kini berubah total. Tak lagi hanya nongki di ‘mall mewvuahhh’. Namun kembali alam dan yang pastinya lebih murah serta sangat menyejukan.

Salah satunya yang kini jadi tujuan warga, yaitu objek wisata air Pariangan di Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung yang kian viral dan pastinya disukai wisatawan.

Rata-rata pengunjung mengaku puas dengan sajian alam dan fasilitas yang disediakan pengelola di area wisata yang memanfaatkan sungai Amandit yang sedang surut tersebut. Apalagi, selain bisa menikmati ngopi santai di tengah sungai pengelola juga menambah fasilitas lanting paring untuk tempat bersantai menyusuri sungai.

Dampak positif pun dirasakan warga yang tinggal di sekitar area wisata. Selain bisa berjualan makanan dan minuman, warga setempat juga bisa menawarkan hasil kerajinan anyaman bambu yang merupakan potensi warga setempat.

Normila, warga Pariangan mengatakan, hari libur merupakan saat pengujung ramai datang ke lokasi wisata. Dia dan kelompoknya, yaitu Kelompok Anyaman Sejahtera yang memproduksi aneka anyaman dari bambu memanfaatkan ramainya pengujung tersebut memasarkan produk mereka.

“Alhamdulillah, meski tak seramai berjualan makanan, ada saja pembelinya. Di luar hari libur, kami berjualan hasil kerajinan di pinggir jalan desa. Lumayan, ada peluang pemasaran meski belum ramai pembelinya,”ungkap Mila.

Dijelaskan, tiap hari wisata Pariangan ramai dikunjungi warga lokal maupun luar daerah. Seperti dari Banjarmasin, Banjarbaru bahkan ada yang dari Ampah, Kalteng. Tak jarang, jalan desa yang cukup sempit itupun tak mampu menampung kendaraan roda empat pengujung, sehingga terjadi antrean.

“Biasanya Sabtu atau Minggu, jalanan macet karena antusias wisatawan datang ke Pariangan,”ungkap Mila. Soal macetnya jalan menuju Paringan, Aniah, warga dari Banjarmasin yang berniat mengajak keluarganya berlibur di tempat wisata tersebut mengaku belum ke sampaian berkunjung ke sana.

“Datang ke sana Minggu pekan lalu bersama keluarga. Terpaksa putar balik karena sulit mencapai lokasi karena banyaknya mobil dan sepeda motor. Menurut pengelola, parkirnya tidak muat, kami terpaksa putar balik dan akhirnya rafting ke Loksado saja,”kata Aniah yang  mengaku ingin sekali mencoba warung ala café di tengah sungai tersebut.

Antusiasnya masyaraat mengujugi Pariangan, dibarengi pihak pengelola dengan meningkatkan pelayanan. Panitia pun menambah fasiitas berupa lanting paring, yang siap membawa wisatawan yang ingin bersantai menyusri sungai sambil menikmati air jernih di sungai yang dikelilingi hijau pepohonan di pegunungan Meratus.

Panitia pengelola wisata Pariangan, Muhammdiyah kepada banjarmasinpost.co.id, Minggu (25/10/2020) menjelaskan, saat ini tersedia 20 unit lanting paring atau rakit bambu dengan kapasitas enam sampai tujuh orang per lanting. Satu orang dikenai tariff Rp 10 ribu, termasuk pemandu atau joki lanting dengan durasi tak dibatasi.

“Kami juga menambah meja dan bangku untuk makan di tengah sungai. Sekarang jumlahnya 60 set. Penambahan dilakukan karena makin banyaknya pengujung dan biar mereka tidak kecewa kalau tak kebagian meja kursi,”ungkap Muhammad. Dijelaskan, kunjungan wisatawan bakal melonjak, pada Sabtu Minggu, atau hari libur.

Pihaknya senantiasa mengimbau agar pengujung menaati protokol kesehatan, karena pengelola sendiri sudah menyediakan fasiitas mencuci tangan dan sabun. Termasuk fasilitas membuang sampah, berupa kantog kresek yang ditempatkan di berbagai spot tersedia di seitar lokasi wisata.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Wisata Pariangan Kian Viral di HSS, Warga Akui Dampak Positif Terhadap Perekonomian)

Berita ini sudah dilihat 168 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 27
  • Page views today : 32
  • Total visitors : 546,055
  • Total page view: 1,131,277