Connect with us
Update Now

Balangan

Waspadalah, Hujan Deras Balangan Darurat Jalan Longsor di Titik Tertentu!

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 410,945 kali

Kapolsek Halong saat meninjau jalan desa yang semakin longsor karena erupsi air (dok, Polsek Halong-Bpost)

BêBASbaru.com, BALANGAN – Bukan hanya Tabalong dan juga Hulu Sungai Utara yang kini mulai darurat banjir, Balangan juga terkena imbasnya akibat hujan lebat yang terus mengguyur kawasan ini.

Jalan Desa Tabuan, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan menuju Desa Uren dikabarkan bertambah rusak hingga menyebabkan bagian jalan setempat terancam putus. Sebelumnya, pada lokasi yang sama, beberapa hari lalu, tanah longsor menyebabkan kerusakan pada jalan tersebut.

Kapolsek Halong, Iptu Krismianto beserta anggota meninjau langsung ke lokasi. Pasalnya, karena hujan pada pagi Jumat (27/11/2020), membuat tanah tergerus semakin bertambah. Sehingga kerusakan jalan melebar.

Iptu Krismianto menyampaikan, informasi bertambahnya kerusakan jalan akibat bencana alam disampaikan oleh masyarakat. Lantas pihaknya pun melakukan pengecekan. Al hasil, diketahui volume air sungai Desa Tabuan meningkat tinggi dan berarus deras.

“Adanya jalan longsor di bantaran sungai Desa Tabuan yang diakibatkan oleh dampak meningkatnya volume iir dan adanya arus yang cukup deras memakan 50 persen lebar jalan penghubung antar desa,” ucap Iptu Krismianto.

Adapun desa yang terletak di sebelah jalan longsor yaitu Desa Uren, Mamigang, Mauya, Marajai dan Binuang Santang. Sebut Iptu Krismianto, apabila intensitas hujan masih tetap tinggi maka kemungkinan besar luapan air sungai Balangan akan menggenangi jalan raya di desa.  Selain itu dapat mengikis pinggiran jalan sehingga akan dapat menyebabkan putusnya jalan penghubung antar desa.

Perihal penanganan kerusakan jalan tersebut, terpisah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Balangan, Tuhalus menerangkan, pihaknya akan melakukan pemeliharaan. Penanggulangan sementara yakni pemasangan batang kelapa dan pembuatan bronjong.

Terlebih sebutnya ada rencana pekerjaan pengaspalan jalan Uren Bantala dan area kerusakan merupakan akses penting.  “Dinas PUPR menanggulangi kerusakan dengan tindakan pemeliharaan terlebih dahulu pada 2020 dan rencana akan dikerjakan bronjong atau pile slab di 2021 karena biayanya cukup besar,” jelas Tuhalus.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Longsor di Desa Tabuan Balangan Semakin Parah, Jalan Desa Terancam Putus)

Berita ini sudah dilihat 958 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 95
  • Page views today : 110
  • Total visitors : 553,537
  • Total page view: 1,139,970