Connect with us
Update Now

Banjar

Warga Pesayangan Minta Pemkab Banjar Perbaiki Saluran Air Penyebab Banjir

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 455,056 kali

Warga Pesayangan, Banjar keluhkan saluran penyebab banjir (dok, harapanrakyat)

BệBASbaru.com, BANJAR – Ruas Jalan P Abdurrahman, Pesayangan, Kota Martapura, Kabupaten Banjar,  Provinsi Kalimantan Selatan, kembali terendam setelah turun hujan. Genangan air bahkan masuk ke teras sekolah PAUD Muslimat NU yang berada tepat di titik tergenang.

Salah satu warga yang bekerja di bengkel yang berada di titik tergenang, Aya, mengatakan kepada Banjarmasinpost.co.id, Senin (21/12/2020), memang saat sering turun hujan dan ada luapan air Sungai Martapura membuat titik tersebut terendam.

Ketinggian air, katanya, bahkan hingga lebih dari mata kaki orang dewasa saat terjadi luapan air sungai dan hujan terus menerus. “Memang kayak gitu kalau ada banjir di Pekauman dan hujan terus menerus,” ujarnya.

Bahkan jika tak terjadi luapan air sungai, lokasi setempat juga sering terendam. “Salurannya kecil di perempatan itu, jadi air meluap ke jalan,” tambahnya. Sementara itu warga setempat lainnya, Aidi, menambahkan, kondisi ruas jalan yang demikian sudah lama terjadi. Terlebih jika hujan deras terjadi seharian, maka ketinggian genangan bisa sampai 15 hingga 20 sentimeter. “Setengah lutut orang dewasa biasanya kalau hujannya berhari-hari,” sebutnya.

Sebelumnya, tambah Aidi, warga sudah pernah gotong royong membersihkan drainase yang mampet. Namun, air kembali tergenang. Diduga, menurut Aidi, saluran yang kecil tidak mampu menampung air hujan. Jadi, meskipun tidak mampet, saat hujan, titik itu tetap terendam. “Kalau bisa diperbaiki karena ini sudah sering sekali terendam di sini,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Kabid SDA Dinas PUPR Kabupaten Banjar, Ade Rozali, mengatakan, pihaknya tak bisa membenahi saluran di Jalan P Abdurrahman karena anggaran difokuskan untuk penanganan Covid-19. “Banyak kegiatan yang harus ditunda demi penanganan Covid-19,” ujarnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Sering Banjir, Warga Pesayangan Kabupaten Banjar Minta Saluran Diperbaiki)

Berita ini sudah dilihat 226 kali