Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Warga di Muara Asamasam Tala Selalu Jadi Langganan Terjangan Ombak

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 424,609 kali

Rumah warga di Asam-asam Tala rusak di terjang gelombang tinggi (dok, Duta TV)

BệBASbaru.com, TANAHLAUT – Sebagian rumah warga Desa Muara Asamasam, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tamahlaut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), rawan terpapar hantaman ombak.

Pasalnya, sebagian rumah warga setempat persis menempel di pesisir lautan. Bahkan ada cuma berjarak satu meter dari siring pantai. Sementara itu, kondisi siring sebagian mulai rusak sehingga ombak pun leluasa menghantam rumah nelayan Muara Asamasam ketika terjadi pasang besar dibarengi gelombang besar.

“Sudah saya survei, ada sekitar 150 rumah warga Muara Asamasam yang sangat rawan kena ombak karena posisinya di pesisir pantai,” sebut Hj YulianI, anggota DPRD Kabupaten Tala, Kamis (4/12/2020).

Anggota Komisi III yang juga warga Muara Asamsam tersebut mengatakan 150 rumah tersebut berada di wilayah RT 2 hingga 7. Dikatakannya, sudah saatnya dilakukan relokasi terhadap rumah-rumah tersebut agar terhindar dari risiko buruk yakni hantaman ombak besar. Pasalnya, gelombang besar kerap terjadi.

Masih kata Yuliani yang juga istri Kades Muara Asamasam ini, pihak aparat pemerintah desa setempat telah menyediakan lahan untuk keperluan relokasi. “Dulu sudah pernah direncanakan dan pemdes diminta menyiapkan lahan seluas 2 hektare. Itu sudah disiapkan lahannya,” papar Yuliani.

Ia berharap hal tersebut menjadi perhatian pemerintah. “Kami berharap bisa segera direalisasikan perelokasiannya sebagaimana di Kabupaten Tanah Bumbu yang sudah melaksanakan dan berhasil,” tandasnya.

Dirinya juga akan segera menyampaikan kepada koleganya di DPRD Kabupaten Tala, sehingga perelokasian nelayan yang bermukim di area rawan tersebut bisa segera diwujudkan.

Kepala Desa Muara Asamasam, H Zainuddin, menuturkan, lahan yang disiapkan pemerintah desanya berada di sekitar area latihan menembak. “Lahannya aman, jauh dari pesisir,” sebutnya

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Rawan Hantaman Ombak, Rumah Warga di Muara Asamasam Kabupaten Tala Perlu Direlokasi)

Berita ini sudah dilihat 160 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA