Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Walaupun Sebagian Disalurkan, Tapi Cadangan Stok Beras Tabalong Masih Tersedia 30 Ton

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 407,410 kali

Kadis Ketahanan Pangan, Norzain A Yani (dok, klikkalsel.com)

BệBASbaru.com, TABALONG – Cadangan pangan di Kabupaten Tabalong, khususnya berupa beras, jelang akhir tahun 2020 masih ada tersedia. Berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tabalong, memasuki dua pekan terakhir sebelum akhir tahun stok cadangan beras masih ada sekitar 30 ton.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tabalong, Norzain A Yani, mengatakan, untuk tahun 2020 ini ada pengadaan beras untuk cadangan pangan sebanyak 21,5 ton. “Tahun 2019 pengadaannya sekitar 10 ton,” katanya.

Dari 10 ton beras yang ada untuk cadangan pangan tersebut, di tahun 2019 itu tersisa ada sekitar 8,5 ton. Ini karena sekitar 1,5 ton beras yang ada sempat disalurkan untuk membantu masyarakat yang terkena banjir di awal tahun tadi.

“Lalu tahun ini diawal sebenarnya kita ada menganggarkan 20 ton beras dari APBD induk, namun karena refocusing jadinya 10 ton,” katanya. Kemudian ada penambahan dari dana Belanja Tak Terduga (BTT) untuk memperkuat ketahanan pangan daerah di masa pandemi Covid 19 sebanyak 11, 5 ton.

Sehingga totalnya dari sisa tahun 2019, pengadaan 2020 dan dari BTT, maka  hingga kini masih ada cadangan pangan 30 ton beras.

“Cadangan pangan ini disalurkan saat ada bencana dan juga bisa untuk operasi pasar,” katanya. Disampaikannya juga terkait cadangan pangan ini sekarang juga tengah digodok regulasi dalam bentuk peraturan daerah (perda). Ditargetkan perda tentanng cadangan pangan Pemerintah Kabupaten Tabalong ini bisa selesai di tahun ini juga.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Sempat Disalurkan saat Bencana Banjir, Cadangan Stok Beras Tabalong Masih Tersedia 30 Ton)

Berita ini sudah dilihat 332 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 5
  • Page views today : 7
  • Total visitors : 553,447
  • Total page view: 1,139,867