Connect with us
Update Now

Kriminal

Untungnya Sedikit di Pungli Lagi Oleh Tiga Oknum Polres, Dilaporkan ke Propam Polda Kalsel

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 115,783 kali

Para pelangsir melalui pengacara, laporkan kelakuan 3 oknum Polisi di Banjar, yang suka main pungli ke Polda Kalsel (dok, Bpost)

BêBASbaru.com, KRIMINAL –  Tiga oknum Polres Banjar dilaporkan ke Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Kalimantan Selatan oleh para pelangsir bahan bakar minyak (BBM), Selasa (29/9/2020) siang,

Pelaporan ini dilakukan beberapa pelangsir BBM. Bahkan beberapa penglasir langsung dimintai keterangan awal oleh pihak Provost Polda. Pantauan di lokasi, para pelangsir BBM tersebut ditemani pengacara, M Rusdi SH dan Darmansyah SH,  mendatangi Bagian Yanduan Propam Polda Kasel.

Setelah beberapa lama, para pelangsir ini pun turun. Saat ditemui, kedua pengacara para pelangsir

M Rusdi SH dan Darmansyah SH mengatakan mereka hari ini ini melaporkan adanya dugaan Pungli yang dilakukan oknum petugas unit Tipiter Polres Banjar.

Mereka sebutkan, kejadiannya Desember 2019. Para pelangsir dimintai setor Rp 100 per liter dan mereka menolak. Pada 13 Januari 2020, mereka diamankan dan dimintai setoran tiap orang dengan jumlah bervariasi.

Ada yang  Rp 10.000, Rp15.000 dan Rp 20.000 per hari atau total sekitar Rp 2,6 juta perbulan. Mereka, para pelangsir, ada enam orang.

Kemudian,  empat bulan dari Maret, April, Mei , Juni 2019 setor. Pada Juli sampai Desember 2019 tak setor lagi. “Kami datang hari ini melaporkan ada tiga orang yang dilaporkan, yakni H, F dan A, dari Polres Banjar,” papar Rusdi.

Dia lanjutnya, awalnya lapor ke Kompolnas. Laporan turun ke Irwasda yang kemudian diarahkan ke Yanduan Propam Polda Kalsel untuk melaporkan kode etik para oknum tersebut. “Kami di sini meminta keadilan saja. Mereka masyarakat bawah dan minta keadilan dan ada hak-hak mereka,” imbuh Darmasyah.

Mengenai mereka pembeli bensin dari SPBU, kedua pengacara mengiyakan. Mereka beli bensin di SPBU dan dijual kembali. Belinya pun tak banyak, hanya sekitar maksimal 5 sampai 10 jerigen. Tak menjual ke industri.

“Mereka tak jual ke industri, tapi ke masyarakat lagi. Dan tempat mereka menjual jauh dari SPBU, sekitar 5 kilometer dari SPBU,” tutur sang pengacara mengatakan mereka untung Rp 10.000 hingga Rp 20.000 untuk mencukupi keperluan sehari-hari.

Terpisah, Kabid Humas Kombes M Rifai, Selasa (29/9/2020) sore, mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Propam dalam hal ini Kabid. “Iya, tadi telah berkoordinasi dengan Propam dalam hal ini Kabid, memang ada laporan tersebut,” ucapnya.

Dikatakan Rifai, Propam akan bentuk tim dan menindaklajuti dengan penyelidikan awal karena ini dugaan. Dengan dilakukan penyelidikan dan keterangan yang ada, maka akan diketahui proses selanjutnya. “Kalau ada betul-betul unsur pidananya, akan diproses,” tutupnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Tiga Anggota Polres Dilaporkan ke Propam Polda Kalsel, Atas Dugaan Pungli)

Berita ini sudah dilihat 152 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 331
  • Page views today : 392
  • Total visitors : 530,637
  • Total page view: 1,114,299