Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Tradisi Maulid di Beberapa Desa yang ada di Tabalong Tahun Ini di Tiadakan

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 254,118 kali

Ilustrasi, setiap maulid makan batalam Selatan Tabalong selalu di nanti, tahun ini kemungkinan absen tahun ini mengingat pandemik korona (dok, tribunnews.com)

BêBASbaru.com, TABALONG – Memasuki Hari ke 3 – tiga – Bulan Maulid (Rabiul Awal 1442 H) Selasa (20/10/2020) bulan yang biasanya selalu ditunggu-tunggu warga Tabalong untuk melaksanakan acara maulitan tahun ini terpaksa ditiadakan.

Padahal setiap tahun, hampir semua desa yang ada di Tabalong rutin mengadakan tradisi yang sudah bertahan hingga beberapa generasi ini.

Menurut beberapa warga yang bebasbaru.com tanyai, ketiadaan acara Maulidurrasul tahun ini karena mentaati anjuran pemerintah, yang melarang acara-acara yang bersifat mengumpulkan orang banya.

“Daripada ‘uyuh-uyuh’ (cape) ngurus sura izin ini dan itu, lebih baik di batalkan saja tahun ini acara maulitannya,” ungkap Bayan (45), warga Mangkusip, Kecamatan Tanta, Tabalong. Namun Bayan mengungkapkan, sebagian warga tetap melaksanakan acara maulid, yakni dengan undangan terbatas dan dilaksanakan di rumah masing-masing, yang biasanya dilaksanakan malam hari selama bulan maulit ini.

Menurut Abdillah (58), salah satu tokoh warga Tanta, tradisi maulit merupakan ajang silaturahim antar warga yang selalu dilaksanakan setiap tahun.

“Biasanya memasuki hari pertama maulit, hingga satu bulan full, saya sudah harus ngatur jadwal untuk mendatangi undangan dari berbagai desa. Karena warga kadang melaksanakannya serentak, dan kebiasaan itu dilakukan yakni Hari Minggu, Senin, Selasa dan Rabu. Tapi tahun ini memang tak ada undangan sama sekali,” ungkap Akik, panggilan akrabnya.

“Kalau saja tahun ini normal (tanpa Covid-19), saya yakin warga akan kedatangan ‘tamu-tamu spesial’ dari paslon ataupun timsuk. Dan pastinya akan menerima sembako-sembako ataupun paket lainnya, biasalah namanya juga pencitraan, kan ini masa kampanye pilkada,” tambah Akik lagi sambil tertawa.

Sumber: bebasbaru.com

Berita ini sudah dilihat 402 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 116
  • Page views today : 151
  • Total visitors : 547,591
  • Total page view: 1,133,018