Connect with us
Update Now

Gaya Hidup

Terong Ungu Bisa Kurangi Sakit Penderita Asam Urat

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 252,653 kali

Gaya Hidup – Dulu ada anekdot yang menyatakan, bila suka makan terong, maka kejantanan pria akan lembek. Tentu saja itu sangat menyesatkan bagi siapa saja, karena sampai kini belum ada kajian kesehatan apapun yang menyatakan terong bisa menyebabkan impoten atau lemah syahwat. Terong ternyata salah satu buah yang bisa mengurangi penyakit, salah satunya penyakit asam urat. Penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit degenaratif yang terjadi karena adanya peningkatan kadar asam urat di dalam darah. Peningkatan kadar asam urat tersebut kebanyakan dipengaruhi oleh asupan makanan. Karena asam urat merupakan hasil akhir dari metabolisme purin, maka penderita asam urat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar purin yang rendah. Salah satu makanan yang berpurin rendah adalah terong ungu. Terong ungu termasuk kedalam daftar rekomendasi sayuran yang boleh dikonsumsi oleh mereka yang idap penyakit asam urat. Lantas, apa saja Manfaat Terong Ungu untuk Penderita Asam Urat? Simak ulasannya berikut ini. Anda tak perlu mengkhawatirkan kandungan purin yang ada di dalam terong ungu ini karena terong ungu termasuk ke dalam daftar sayur yang memiliki kandungan purin yang rendah. Sehingga Anda dapat memasukan terong ungu kedalam variasi menu sayur yang boleh dikonsumsi penderita asam urat. Terong ungu memiliki kandungan protein yang mampu membantu penderita asam urat memperbaiki area persendiannya yang tengah membengkak atau meradang. Selain memiliki kandungan protein, terong ungu juga memiliki beberapa jenis mineral yang bagus untuk tubuh. Beberapa jenis mineral tersebut di antaranya mangan, kalsium, magnesium, iron, kalsium, fosfor, potasium dan zink. Mineral-mineral tersebut berguna untuk mengatasi berbagai rasa nyeri pada persendian dan juga tulang. Di antara mineral-mineral di atas, yang paling berguna untuk penderita asam urat yaitu iron, mangan dan magnesium. Ketiga mineral tersebut mampu mengelola kadar asam urat yang sudah mengkristal didalam persendian. Demikian informasi tentang manfaat terong ungu untuk penderita asam urat, Hal yang harus di ingat, meski terong ungu mengandung kandungan yang bermanfaat untuk tubuh dan aman dikonsumsi penderita asam urat, tapi tetap saja Anda harus bisa mengontrol jumlah terong ungu yang dimakan. Selain terong biru di bawah ini ada empat jenis tanaman yang juga bisa mengobati asam urat:

1. Teh Dendelion
Dandelion memiliki efek diuretik dan anti-inflamasi yang kuat, minum teh ini akan membantu mengeluarkan akumulasi asam urat yang berlebihan, asam urat ini akan dibuang melalui urin. Teh ini juga berguna membersihkan ginjal dan merangsang sirkulasi darah lebih lancar.

2. Daun Peterseli
Peterseli juga memiliki karakteristik diuretik yang meningkatkan produksi urin di ginjal dan membantu pelepasan asam urat yang menumpuk. Antioksidan yang terkandung dalam peterseli menghambat pengasaman berlebihan dan sekaligus melindungi jaringan ginjal.

3. Teh Jelatang
Jelatang adalah tanaman obat yang membantu menguraikan kristal asam urat yang berlebihan yang dibentuk dengan meningkatkan kemampuan ginjal untuk mengeluarkan kristal asam urat. Teh ini juga bisa mencegah peradangan akibat kristal asam urat.

4. Daun Bawang
Daun bawang adalah salah satu bahan alami yang berguna untuk menguraikan batu asam urat bersama urin. Konsumsi daun bawang juga baik sekali bagi yang menderita asam urat karena bisa mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat asam urat yang kambuh.
Sumber : www.harusehat.com

Berita ini sudah dilihat 36 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 25
  • Page views today : 36
  • Total visitors : 547,500
  • Total page view: 1,132,903