Connect with us
Update Now

Banjarbaru

Terkendal Aturan Prokes Pilkades se Kalsel Terpaksa Molor Lagi

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 420,980 kali

Ilustrasi, saat Pilkades dengan cara e-voting, awal tahun ini Kalsel belum bisa gelar karena ribetnya aturan (dok, antaranews.com)

BệBASbaru.com, BANJARBARU – Sejak ditunda pelaksanaannya di semua daerah di Indonesia belum ada kabar lanjutan waktu penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kalsel. Jabatan Kades kini diisi oleh Pjs yang didatangkan dari instansi lain.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Zulkifli Sabtu (2/1/2021) mengakui, dalam situasi kasus Covid-19 yang meningkat saat ini gelaran Pilkades untuk awal tahun 2021 hingga Maret nanti sulit untuk dilaksanakan.

Tertundanya penyelenggaraan Pilkades ungkap Zul bukan karena ketidakinginan pemerintah daerah, namun karena prosedur penyelenggaraan yang dipastikan berbeda dengan Pilkades sebelumnya.

“Aturannya setiap TPS tidak boleh hingga 500 orang yang hadir, belum lagi ditambah dengan sarana Protokol Kesehatan sehingga ini tidak bisa diselenggarakan sebulan atau dua bulan lagi,” jelasnya kepada banjarmasinpost.co.id.

Pemerintah daerah dalam merubah prosedur tersebut, terang Zul, harus melalui Perda sehingga memakan waktu cukup lama. “Belum lagi kalau ternyata dalam perjalanan menuju perda di DPRD yang belum tentu mulus,” tambahnya.

Zulkifli berharap pelaksaan Pilkades tak usah terburu-buru namun lebih dahulu menyelesaikan payung hukum penyelenggaraan. “Kita tidak ingin nantinya malah bermasalah dengan pemerintah pusat,” ujarnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Belum Bisa Digelar, Kadis PMD Kalsel Sebut Pilkades di Awal Tahun Sulit Dilaksanakan)

Berita ini sudah dilihat 188 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA