Connect with us
Update Now

Dunia Islam

Tanda Hari Kiamat: Bermegahan Membangun Masjid, Tapi Jamaahnya Sepi!

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 227,838 kali

Ilustrasi, mesjid yang sangat megah ternyata bagian dari tanda-tanda kiamat (dok, worldofghibli.id)

BêBASbaru.com, DUNIA ISLAM – Berkembangnya masjid agung yang megah dan besar di berbagai daerah di Indonesia memberi kebanggaan tersendiri bagi umat Islam. Namun hal ini di sisi lain memberi keprihatianan tersendiri bagi Ulama, karena pembangunan masjid seringkali tidak dibarengi dengan semangat umat beribadah di masjid.

DARI Anas radhiallahu anha, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sesungguhnya termasuk tanda-tanda Hari Kiamat ialah orang bermegah-megahan dalam membangun masjid.” (HR Abu Dawud, An Nasa’i dan Ad Darami)

Dari Ibnu Abbas radhiallahu anha, ia berkata, Rasulullah bersabda:

“Aku tidak disuruh untuk menghias masjid.”

Ibnu Abbas berkata, “Sungguh kamu akan menghiasinya seperti kaum Yahudi dan Nasrani.”

Dari Hasan, ia berkata, Rasulullah bersabda:

“Akan datang kepada manusia suatu zaman di mana ketika di masjid, mereka membicarakan mengenai urusan dunia mereka. Maka janganlah kamu duduk bersama mereka, sesungguhnya Allah tidak membutuhkan mereka. (HR Baihaqi).

Menurut mantan Imam Besar Masjid Istiqlal, (Almarhum) KH Ali Mustafa Yaqub, Ini yang semakin kita khawatirkan ketika umat berlomba-lomba membangun masjid. Tapi di sisi lain umat semakin jauh dari aktivitas di masjid. Imam Masjid Besar Istiqlal ini pun mengungkapkan, gejala ini sudah terjadi hampir di seluruh Indonesia.

Gejala tersebut, jelas dia, ketika Pemerintah Daerah (Pemda) nya begitu semangat membangun masjid raya megah. Tapi di sisi lain, umat Islam di wilayah tersebut tidak diimbau dan diajarkan untuk selalu mengutamakan aktivitas ibadah lima waktu mereka di masjid.

Menurut Ali, ini harus menjadi keprihatinan bersama tidak hanya dari para Ulama, tapi juga Pemda terkait. Ia khawatir, apabila semangat membangun masjid megah ini tidak dibarengi dengan ajakan umat beraktivitas ibadah di masjid, maka ini seperti peringatan Nabi Muhammad SAW bahwa tanda kiamat semakin dekat.

Karenanya di saat momentum Maulid Nabi Muhammad ini, Ali kembali mengingatkan kepada umat Islam teladan yang telah dicontohkan Rasulullah. “Rasulullah mencontohkan kepada kita untuk selalu menjalankan ibadah sholat lima waktu di Masjid, apakah kita sudah mencontoh hal itu?” kata KH Ali beberapa tahun yang lalu.

Sumber: Inilah.com, republika.co.id dan berbagai sumber

Berita ini sudah dilihat 272 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 14
  • Page views today : 16
  • Total visitors : 545,213
  • Total page view: 1,130,331