Connect with us
Update Now

Politik

Tak Peduli Korona, Pilkada HSU 2022 Sudah Mulai Panas Parpol Dikabarkan Punya Jagoan Masing-masing

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 453,240 kali

Bupati HSU dan Wabup Husairi Abdi, Kabupaten ini akan pilkada Tahun 2022 nanti, suasana mulai menggeliat (dok, Info Publik News)

BệBASbaru.com, POLITIK – Suksesi kepemimpinan kepala daerah di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memang masih jauh. Pilkada HSU baru akan digelar pada tahun 2022 mendatang, namun suhu politik di salah satu kabupaten di Provinsi Kalsel itu mulai hangat.

Sejumlah nama mulai muncul ke permukaan dan ramai diperbincangkan di Amuntai, ibu kota Kabupaten HSU. Pasca Pilkada Serentak 2020, partai politik di HSU ancang-ancang saling unjuk nama kandidat suksesi.

Seperti move politik yang dilakukan Ketua DPW PKB Kalsel H Zairullah Azhar yang menyebut nama anggota DPRD Kalsel Hormansyah akan dicalonkan sebagai bupati Kabupaten HSU pada 2022 mendatang.

Sekadar diketahui, pada 2022 nanti ada tiga daerah di Kalsel yang melaksanakan Pilkada yakni Kabupaten HSU, Hulu Sungai Selatan (HSS), dan Kabupaten Barito Kuala (Batola).

“Untuk Kabupaten HSU, saya memberikan kepercayaan kepada Hormansyah yang saat ini masih menjabat Sekretaris DPW PKB Kalsel,” kata Zairullah, Senin (4/1/2021). Zairullah mengatakan, sosok Hormansyah merupakan figur yang pas menjadi pemimpin di daerah tersebut. Pun Hormansyah punya catatan mentereng dalam meniti karir politik. Pada periode 2004-2009 dan 2009-2014 menjadi anggota DPRD Kabupaten HSU. Lalu pada tahun 2014-2019, dan 2019-sampai sekarang tercatat sebagai anggota DPRD Kalsel.

Gimik politik yang ditunjukkan PKB lewat Zairullah Azhar itu pun langsung direspon partai lain di Kabupaten HSU. Anggota DPRD HSU dari PDIP Teddy Suryana kepada Kanalkalimantan.com mengaku juga sudah siapkan kader banteng terbaik berlaga pada suksesi di tahun 2022 tersebut.

“Memang masih jauh, tapi kami (PDIP, red) juga punya kader terbaik untuk menatap suksesi Pilkada HSU pada tahun 2022 nanti,” aku Teddy Suryana, politisi PDIP yang juga Ketua GP Ansor Kalsel ini. Meski tak menyebut nama yang bakal didorong berlaga dalam Pilkada HSU 2022, Teddy -biasa disapa- yakin kader PDIP di Kabupaten HSU layak dan pantas ikut berlaga.

Tak hanya PKB Kalsel yang sudah ‘deklarasi’ penyebutan Hormansyah menjadi bakal calon Bupati HSU di 2022. Belakangan dikabarkan, DPC PPP Kabupaten HSU juga sudah punya nama sendiri. Ya, DPC PPP HSU dalam rapat internal dikabarkan sudah memilih nama H Husairi Abdi (Wakil Bupati HSU saat ini) sebagai jagoan mereka pada Pilkada HSU tahun 2022 mendatang.

Sumber: kanalkalimantan.com dan berbagai sumber (dengan judul: Riak Pilkada HSU 2022 Dimulai, PKB Kalsel ‘Jagokan’ Hormansyah, PDIP Siapkan ‘Bantengnya’, PPP Pasang Husairi Abdi?)

Berita ini sudah dilihat 399 kali