Connect with us
Update Now

Politik

Tak Mau Hanya Terima Laporan, Haji Denny ‘Investigasi’ Sejumlah Kejanggalan Suara di TPS!

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 407,414 kali

7 TPS di Tapin suara Haji Denny Nol, lucunya kehadiaan 100% (dok, antaranews.com)

BệBASbaru.com, POLITIK – Sejumlah kejangganggan yang ditengarai terjadi pada proses penghitungan suara di sejumlah daerah, menjadi perhatian serius calon gubernur Kalsel, Denny Indrayana. Terkait hal tersebut, Wamenkum HAM era Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini melakukan investigasi di sejumlah lokasi rekapitulisasi di kecamatan, Sabtu (12/12/2020).

Salah satu lokasi yang didatangi Haji Denny– panggilan Denny Indrayana adalah Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin. Dari data penghitungan suara yang masuk untuk sejumlah TPS, perolehan paslon nomor urut 2 Denny-Difri, 0 persen.

Ia merasa janggal, bahwa di sekitar 10 lokasi terjadi pencoblosan yang hasilnya mutlak bagi paslon nomor  1, Sahbirin-Muhidin. “Ini perlu menjadi perhatian yang mestinya bukan hanya saya, tapi juga pengawas dan penyelenggara Pilkada. Ada sekitar 10 TPS yang kejadiannya sama. Bahkan tingkat kehadiran pemilih 100 persen, hasil coblosnya pun 100 persen. Padahal rata-rata kehadiran pemilihan ke TPS saat Covid-19 ini lebih 50 persen saja sudah bagus,” kata Haji Denny.

Maka ia bersama tim dari partai pengusung, memantau proses rekapitulasi di Kecamatan Binuang, Tapin, untuk melihat kondisi perhitungan suara oleh PPK yang dihadiri saksi paslon. Haji Denny juga mengatakan, dari 10 TPS tersebut yaitu seperti di kawasan Pualam Sari, Tungkap, Binuang dan Raya Belanti juga menemukan keanehan.

Haji Denny berharap tim penyelenggara bisa melakukan investigasi kejanggalan. Lantaran di sejumlah TPS hampir tidak ada surat suara yang rusak. “Ada fakta kejanggalan yang perlu terus didalami, di mana ada sejumlah TPS yang misal jumlah 300 semuanya hadir dan memilih satu paslon, rasanya mustahil,” katanya.

Sebelumnya, ia juga menerima sejumlah laporan pelanggaran terkait proses hitung suara pasca pencoblosan 9 Desember lalu. Haji Denny juga mengungkapkan adanya dugaan praktek pengubahan hasil suara di TPS melalui telepon oleh pihak tertentu. Dugaan ini katanya telah dikonfirmasi sejumlah sumber terpercaya. Pun dengan tertundanya proses penghitungan suara di beberapa daerah.

Pakar hukum tata negara ini juga menyampaikan adanya kejadian dimana saksi paslon nomor urut 2 tidak mendapatkan salinan formulir C-Hasil-KWK, atau lembaran yang akan digunakan untuk sertifikat hasil penghitungan suara di TPS.

“Saksi kami kesulitan mendapatkan salinan C Hasil itu, bahkan dipaksa beragumentasi dulu dengan petugas,” ungkapnya. Tak berhenti di situ, Haji Denny juga membeberkan informasi yeng diterimanya bahwa ada oknum petugas KPPS yang membawa formulir C-Hasil-KWK itu ke rumah. Tentu jika berdasarkan mekanisme pemilu, hal itu sangatlah dilarang, lantaran berpotensi terjadinya manipulasi suara hasil penghitungan di TPS.

Haji Denny mengingatkan siapapun yang melakukan manipulasi suara, akan dikenakan sanksi UU. Ditegaskannya ancaman hukuman yakni 12 tahun penjara dan denda Rp 144 juta. “Saya berpesan agar seluruh tim dan relawan menjaga kemenangan yang kita peroleh pada Pilkada lalu. Kawal proses penghitungan suara saat ini dengan cara yang terhormat dan bermartabat. Kami tegaskan, Denny-Difri tidak tinggal diam jika ada kecurangan,” tegasnya.

Berdasarkan hasil penghitungan suara melalui sistem “Sirekap” yang dikelola oleh KPU, duet Denny Indrayana-Difriadi sementara ini unggul dalam perolehen suara yakni sebesar 51,0 persen dengan total 438.030. Sedangkan Sahbirin-Muhidin meraih 49,0 persen dengan total suara 421.259. Data diinput hingga pukul 14.45 Wita.

Sumber: kanalkalimantan.com dan berbagai sumber (dengan judul: Turun ke Binuang, Haji Denny ‘Investigasi’ Sejumlah Kejanggalan Suara di TPS!)

Berita ini sudah dilihat 261 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 5
  • Page views today : 7
  • Total visitors : 553,447
  • Total page view: 1,139,867