Connect with us
Update Now

Balangan

Tahan Hama, Inilah Alasan Petani Desa Lingsir Balangan Kembangkan Padi Black Madras Berasnya Cocok Untuk Diet dan Penderita Diabites

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 131,880 kali

Padi black madras kembali dikembangkan di Balangan, karena manfaatnya sangat banyak dan tahan hama (dok, harian nasional)

BêBASbaru.com, BALANGAN – Kelompok Tani di Desa Lingsir mulai mengembangkan padi varietas Black Madras yang dianggap memiliki kelebihan. Warna padi yang berbeda dibanding padi pada umumnya dan merupakan jenis padi tidak mudah terserang hama menjadikan daya tarik dalam penanaman padi tersebut. Dalam binaan PPL Kecamatan Paringin, Lesna Khafizah, para petani mulai melakukan penanaman padi Black Madras. Lesna Khafizah menerangkan, padi black madras memiliki warna daun yang ungu kehitaman. Tentunya jauh berbeda dibanding warna daun tanaman padi umumnya, dan lebih tahan terhadap hama penyakit. Lesna juga menyampaikan, setiap varietas padi memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari padi black madras adalah daya tahannya yang dianggap cukup kuat dari gangguan hama wereng. Selain itu juga kurang disukai burung dan tikus. Pada pengembangan padi tersebut, petani di Desa Lingsir sudah melakukan panen padi black madras seluas lima borong. Adapun estimasi hasil produksi mencapai 5,2 ton perhektarnya. Hasil produksi untuk padi black madras ujar Lesna masih belum dijual. Bahkan rencananya masih akan dijadikan bibit oleh petani di Desa Lingsir. Selain itu program pemerintah juga masih fokus pada varietas unggul yang produksinya tinggi dan pada umumnya dikonsumsi masyarakat. Lesna juga menyampaikan, sejauh ini padi black madras masih belum dikonsumsi kebanyakan orang. Biasanya padi jenis ini akan dimanfaatkan sebagai makanan untuk diet atau penderita diabetes.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Petani Desa Lingsir Kembangkan di Balangan Padi Black Madras, Inilah Kelebihannya)

Berita ini sudah dilihat 157 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 342
  • Page views today : 376
  • Total visitors : 532,767
  • Total page view: 1,116,684