Connect with us
Update Now

Headline

Sulitnya Ngeritik Di Negeri Ini Bag 2 : Rahma Sarita Bantah Dipecat! Tapi Memang Mundur

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 456,364 kali

Rahma Sarita juga terkenal akrab dengan politisi yang kerap berseberangan dengan pemerintah, seperti Rizal Ramli ini (dok, redaksi indonesia)

BệBASbaru.com, INVESTIGASI – Dihubungi secara terpisah, Sekretaris Fraksi NasDem MPR RI Syarief Abdullah Alkadrie juga menyebut bahwa Rahma Sarita ialah kader NasDem. Menurutnya, Sarita pernah mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 dari daerah Pasuruan, Jawa Timur.

Rahma Sarita pun angkat bicara mengenai posting-annya. Dia mengatakan tak bermaksud menghina. “Maksudnya bukan penghinaan isi dari sila itu sendiri, bukan penghinaan. Isi dari sila-sila itu sebenernya adalah fakta yang terjadi. Jadi kritik sih sebenarnya,” ujar Sarita saat dihubungi, Kamis (17/12/2020).

Menurut Sarita, posting-an soal ‘Pancasila Wakanda’ tidak bersifat tendensius. Sarita menyebut unggahan itu dimaksudkan untuk melakukan kritik terhadap kekuasaan oligarki. Lebih lanjut, ia juga menjelaskan maksud penggunaan kata ‘Wakanda’ dalam unggahannya itu. Negara ‘Wakanda’ dipilihnya karena negara itu bersifat fiktif. Ia tidak bermaksud menyinggung siapa pun.

Mantan Politikus NasDem ini pun menegaskan posting-an ‘Pancasila Wakanda’ hanya pendapat pribadinya. Ia pun tidak menyangka bahwa unggahan tersebut menjadi viral. Akui Kerap Ditegur

Rahma Sarita mengaku mengundurkan diri secara informal sebelum surat pemberhentian terhadap dirinya beredar di publik. Awalnya, Rahma Sarita menjelaskan dirinya sudah pernah ditegur karena posting-an yang diunggahnya dianggap tidak cocok sebagai staf ahli MPR RI. Ia kemudian mengundurkan diri sejak kejadian ‘Pancasila versi Wakanda’.

“Jadi sebelumnya memang saya sudah beberapa kali diperingatkan karena memang posting-annya yang nggak cocok. Jadi sebenernya saya memang saya memang sudah mau pernah berhenti gitu. Terus yang terakhir (posting-an Pancasila Wakanda) itu. Akhirnya saya mengundurkan diri sih tapi via WA. Terus beberapa hari kemudian beredar surat itu,” ujar Sarita saat dihubungi, Kamis (17/12/2020).

Sarita mengaku sempat mengundurkan diri secara informasi melalui aplikasi WhatsApp (WA). Ia menyampaikan niatnya mundur dari posisi Staf Tenaga Ahli Pimpinan MPR kepada Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dan WA Group Staf Ahli MPR.

“Ke Bu Reri (Lestari Moerdijat) udah via WA. Ke grup juga, jadi 2 kali. Karena saya di grup, saya japri Bu Reri-nya. Karena saya ditegurnya itu di grup MPR-lah, staf ahli MPR-lah,” ungkapnya. Politikus NasDem ini juga sempat menjelaskan kepada Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat bahwa unggahan ‘Pancasila versi Wakanda’ adalah pendapat pribadinya. Menurutnya, Lestari Moerdijat sempat merasa keberatan atas unggahan itu karena berpotensi dikaitkan dengan dirinya.

Namun, Sarita menegaskan unggahan itu tidak ada kaitannya dengan Lestari Moerdijat selaku Waka MPR RI. Menurut Sarita, Lestari Moerdijat pun sudah merespons usulan pengunduran dirinya secara baik.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menilai pemberhentian Rahma Sarita karena menulis ‘Pancasila versi Wakanda’ di media sosial itu sudah tepat. “Menurutnya saya itu tindakan ini tepat, dia yang tahu sebagai MPR itukan pengawal dan penjaga Pancasila konsekuensi orang yang kerja di situ harus mengamalkan Pancasila,” kata Stafsus Dewan Pengarah BPIP, Antonius Benny Susetyo saat dihubungi, Kamis (17/12/2020).

Antonius menyayangkan tindakan Rahma Sarita tersebut. Dia menduga Rahma melakukan itu untuk mencari sensasi agar terlihat berbeda. Padahal, menurutnya, Rahma Sarita sebagai pegawai yang kerja di MPR harus memahami dan ikut menyosialisasikan Pancasila secara baik dan benar, bukan malah memplesetkan dan membagikan ke media sosial.

Dia menilai tindakan Rahma Sarita bertentangan dengan tugas dan fungsinya sebagai pegawai yang bekerja di MPR. Benny mengapresiasi tindakan Lestari yang memperhentikan Rahma. Tindakan itu menunjukan ketegasan Lestari sebagai seorang pimpinan MPR.

Partai Nasdem menarik kartu keanggotaan partai dari Rahma Sarita. Sebelum menarik kartu keanggotaan Rahma Sarita, NasDem memanggil eks staf ahli Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat ini terlebih dulu.

“Keputusan partai, telah memanggil Ibu Rahma untuk dikonfirmasikan kepada beliau bahwa kartu anggota di tangannya tarik kembali oleh partai,” kata Ketua DPP NasDem Teuku Taufiqulhadi kepada wartawan, Jumat (18/12/2020). Menurut Taufiqulhadi, pemanggilan Partai NasDem terhadap Rahma Sarita dilatarbelakangi unggahan ‘Pancasila versi Wakanda’.

Sumber: merdeka.com dan berbagai sumber (dengan judul: Petaka Rahma Sarita Unggah ‘Pancasila Wakanda’ Melebar ke Mana-mana)

Berita ini sudah dilihat 271 kali