Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Selatan

Suka Berkomen ‘Alay-Kepo’ di Medsos, Diskominfo Peringatkan Warga Agar Tak Terjerat UU ITE

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 119,001 kali

Plt Kominfo HSS, Sasmi Rifani saat ber halo-halo ke warga terkait peringatan terhadap bahaya Covid-19 (dok, tribunnews)

BêBASbaru.com, HULU SUNGAI SELATAN –  Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ), mengimbau masyarakat Kabupaten HSS agar tetap menjaga etika dan bijak saat menggunakan media sosial (Medsos). Kehati-hatian, terutama sebelum memposting sesuatu ataupun mengomentari postingan orang lain. Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten HSS, Sasmi Rifani, mengingatkan, penebar hoaks ataupun ujaran kebencian seperti penghinaan, pencemaran nama baik, penistaan, perbuatan tidak menenangkan, memprovokasi, menghasut dapat dipidanakan. Perbuatan tersebut melanggar Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Serta, Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, serta tindakan ketika ujaran kebencian telah menyebabkan terjadinya konflik sosial. Untuk itu, pihaknya pun menyampaikan beberapa tips dalam bermedia sosial, dengan mengutif dari sumber :https://matranews.id/. Saat memposting konten berupa teks, gambar maupun video, dapat menjadi inspirasi sekaligus memotivasi bagi orang lain yang membaca maupun yang melihatnya.  “Ini bisa menjadi indikator bahwa anda individu yang bijak. Kegemaran menulis sindiran kepada orang lain yang terlibat masalah dengan anda, hanya menunjukkan kepada publik akan ketidakmampuan menyelesaikan masalah. Bahkan, cenderung memperkeruh suasana menyangkut permasalahan yang dihadapi,” urainya. Kebebasan menyampaikan pemikiran maupun tulisan di media sosial bukan berarti semua kehidupan pribadi bisa diumbar. Untuk itu :

– Saringlah hal mana yang bisa diketahui publik dan mana hanya cocok untuk konsumsi pribadi.

– Memposting dalam media sosial dengan konten berkandungan olok-olok, kemarahan, maupun provokasi hanya membuat pihak-pihak terkait tersinggung. Dan ini, sangat tidak baik bagi kehidupan sosial yang tidak sebatas bermedia sosial. Kesalahpahaman kerap terjadi hanya karena kata-kata yang cara menyampaikannya tidak baik dan tidak menghargai orang lain.

– Berhati-hati saat memposting check-in place. Karena seringkali hal ini dapat mengundang kejahatan. Bijaklah saat melakukan hal ini. Pertimbangkan hal-hal pribadi yang sedang Anda alami beserta keluarga saat memposting dimana Anda sedang berada dan bersama siapa.

– Hindari memuat kata-kata maupun konten mengandung unsur SARA, pornografi dan kekerasan sesuai nilai-nilai yang ada. Hal ini memang punya standar berbeda di setiap negara atau bahkan tiap lingkungan sosial dan individu. Tapi tak jarang hal ini sering menimbulkan salah persepsi sekaligus menghasilkan dampak buruk.

– Teliti dalam menyantumkan informasi personal di akun media sosial anda. Tidak harus semua data anda termuat dalam info akun. Batasi seperlunya, dan pertimbangkan keamanan pribadi Anda.

– Silakan beropini dalam media sosial. Tapi perlu diingat, bahwa opini Anda juga ditunjang oleh data dan fakta yang akurat, Sehingga tidak menimbulkan kesesatan bagi yang membacanya.

– Pilihlah konten pribadi Anda mana yang bisa dimuat di media sosial dan mana yang tidak. Koleksi foto maupun video yang bersifat sangat personal, sebaiknya dipertimbangkan lagi apakah layak jika diketahui publik.

– Ketika membagikan ulang berita yang Anda baca, lakukanlah crosscheck terhadap kebenarannya. Jangan sampai Anda justru menjadi bahan olok-olok orang lain karena telah menyampaikan kabar tidak benar.

– Dan tentunya perlu diingat, kehidupan Anda bukan hanya ada di media sosial yang berada di dunia maya, tapi juga dunia nyata.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Diskominfo Imbau Warga Kabupaten HSS Bijak Bermedsos, Ini Tips Tak Terjerat UU ITE)

Berita ini sudah dilihat 206 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 75
  • Page views today : 76
  • Total visitors : 531,247
  • Total page view: 1,114,979