Connect with us
Update Now

Politik

Sudah Masuk Masa Pilkada, Bawaslu Minta ASN Hati-hati Gunakan Bikin Status di Medsos

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 103,176 kali

Gubernur Kalsel saat jadi Irup, ASN kini diminta hati-hati bikin status di medsos, karena UU Pemilu bisa menjerat mereka (dok, tribunnews)

BêBASbaru.com, POLITIK – Memasuki masa tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020, tugas pengawasan Bawaslu tidak hanya pada penyelenggara dan peserta Pilkada namun juga terkait netralitas ASN. Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Kalsel, Aries Mardiono memperingatkan para ASN untuk berhati-hati dalam bersikap untuk menjaga netralitasnya. Pasalnya di era digital dan media sosial saat ini netralitas ASN sangat mudah tercemar bahkan karena hal sepele termasuk meyukai unggahan salah satu pasangan calon peserta Pilkada di media sosial. “Karena ini sudah masa Pilkada kami mengimbau berhati-hati. Hal-hal demikian jangan lagi dilakukan. Karena ini sudah beda konteks, kalaupun ini sebelumnya sudah jadi kebiasaan maka jempol harus dikendalikan,” kata Aries, Senin (31/8/2020). Jika indikasi tidak netralnya ASN didapati oleh pihaknya, maka kata Aries Bawaslu akan menjadikannya sebagai temuan dan melakukan klarifikasi serta pengkajian. Hasil pengkajian lalu akan diserahkan kepada Komisi ASN untuk ditindaklanjuti. “Yang akan mengeksekusi hukuman dari Komisi ASN. Apakah perlu sanksi ringan sedang atau berat itu Komisi ASN yang menetukan. Tapi kalau sampai terlibat kampanye atau yang lainnya pasti sanksinya akan lebih berat,” kata Aries. Pengawasan yang dilakukan menurut Aries melekat kepada seluruh jajaran Bawaslu termasuk di tingkat kecamatan. Dimana masing-masing jajaran Bawaslu hingga di tingkat kecamatan kata Aries juga aktif melakukan pengawasan melalui media sosialnya masing-masing.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Masa Pilkada, Bawaslu Minta ASN Hati-hati Gunakan Jempol di Medsos)

Berita ini sudah dilihat 102 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 42
  • Page views today : 42
  • Total visitors : 528,646
  • Total page view: 1,112,088