Connect with us
Update Now

Gaya Hidup

Stigma Kita Mobil Jepang Lebih Baik…Tapi Tiongkok Lebih Miring Harganya

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 252,714 kali

Otomotif – Sebelum membeli mobil, tentu kita mikir kemampuan isi kantong kita, lalu merek apa dan yang terakhir model apa yang ingin kita beli. Sejak hubungan diplomasi kita diperbaiki tahun 1970 an oleh Presiden Soeharto, yang sempat retak di jaman Presiden Soekarno, karena kekejaman Jepang saat menduduki negara kita Tahun 1942-1945. Dunia otomotif kita tahun 1950 an sampai akhir 1960 an dikuasai produk-produk Eropa. Jepang pun sebagai negara industri yang bangkit total pasca berakhirnya Perang Dunia ke II tentu saja melihat peluang emas ini. Merek-merek mobil seperti Toyota, Honda, Daihatsu, Datsun dan Mitshubishi langsung membanjiri pasaran kita. Selain harga yang lebih murah dibandingkan mobil merek Eropa, dari segi desain mobil-mobil Jepang lebih menarik, sedangkan mobil Eropa sangat kaku. Akibatnya, dalam jangka waktu yang sangat singkat, mobil jepang mengambil alih pasaran mobil Eropa di tanah air, bahkan produsen mobil Jepang mengakui, RI adalah pasaran utama mengalahkan di negaranya sendiri dari segi penjualan. Sejak saat itu, hingga Tahun 2000 an bahkan sampai saat ini, dominasi mobil Jepang tak tergoyahkan.

Kompetitor negara lain bukan nya diam dengan dominasi Jepang ini, Korsel sendiri sejak lama sudah mengincar negara kita, produk-produk mereka seperti Hyundai dan KIA juga membanjiri pasaran, tapi tetap kalah bersaing. Lalu Eropa juga tetap berusaha keras, sayangnya merek Eropa selalu dikategorikan sebagai mobil yang mahal dan boros BBM dibandingkan mobil Jepang. Sedangkan mobil made in Korsel dianggap kalah kelas dengan mobil Jepang, Amerika juga tak tinggal diam, mobil-mobil mereka seperti Ford dan GM juga masuk ke negara kita, sayangnya tetap kalah bersaing. Jepang benar-benar menang dari segi apapun, ya merek, prestesi juga dari segi purna jual. Kini, negara Tiongkok lah yang sebetulnya bikin Jepang ketar-ketir, sebagai negara yang ekonomi nya luar biasa surplus, Tiongkok juga dianggap berani malah sangat nekad untuk melawan dominasi Jepang. Dari segi desain, Tiongkok tak malu-malu menyontek mobil Jepang juga merek mobil Eropa serta AS…hebatnya Tiongkok, mobil Jepang boleh masuk Tiongkok, tapi wajib alih/mengajari tekhnology dengan negara komunis tersebut, tak terkecuali mobil Eropa dan AS. Tak heran, banyak mobil produksi Tiongkok, sepintas bak kembar siam dengan mobil Jepang, Eropa, AS bahkan Korsel, tapi made in nya Tiongkok. Soal harga, ini lah yang bikin ‘senewen’ negara-negara tersebut, made in Tiongkok jauh lebih ‘miring’ menghargai mobilnya.

Salah satu contoh, mobil merek Wuling yang sudah beredar di negara kita, sepintas mobil ini mirip Toyota Avanza atau Expander Mitsubhisi, kalau dua mobil Jepang tersebut harganya di atas Rp250 juta per buah, Wuling hanya menghargai mobilnya Rp135 jutaan. Yang terbaru lagi Dongfeng Glory 580, sepintas mirip CRV Honda, Glory hanya diharga Rp305 jutaan itupun dengan spesikasi lengkap, bandingkan dengan CRV Honda, spesikasi lengkapnya mencapai harga Rp500 jutaan lebih dan termurahnya Rp450 jutaan. Kini PR Tiongkok hanya satu, yakni menyakinkan konsumen negara kita yang sangat gurih ini, kalau produksi mereka tak kalah dari segi kualitas. Kalau itu berhasil, bisa jadi kedepannya, dominasi Jepang akan tergusur oleh mobil-mobil produksi Tiongkok, sebab dari segi desain dan harga, mobil Tiongkok sudah mampu menyamai dan lebih murah dari mobil Jepang dan negara lain. Negara kita, sampai kapanpun kayaknya hanya bakal jadi konsumen selamanya, kalau regulasi tak mau di rubah dan menuruti gaya Tiongkok. ệ

Berita ini sudah dilihat 78 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 28
  • Page views today : 39
  • Total visitors : 547,503
  • Total page view: 1,132,906