Connect with us
Update Now

Banjarbaru

Sempat Mehong, Kini Harga Cabai Kalsel Anjlok Gara-gara Panen Besar di Beberapa Daerah

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 112,534 kali

Harga cabai anjlok di Kalsel karena panen serentak (dok,liputan6.com)

BêBASbaru.com, BANJARMASIN – Beberapa daerah penghasil cabai panen besar, mengakibatkan penjualan turun harga namun minim pembeli.

Itulah yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Perdagangan provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Birhasani pada Kamis (24/9/2020).

Menurut Birhasani harga cabai yang saat ini dikeluhkan oleh beberapa pedagang di pasar-pasar tradisional merupakan imbas dari harga yang turun, ditambah dengan sepinya penjualan di tengah pandemi covid-19.

“Penyebabnya saat ini panen cabai sangat berlimpah. Karena kemarau tidak terlalu ekstrem, masih ada hujan dan kebun tidak terlalu kekeringan,” ungkap Birhasani.

Ia menjelaskan, permintaan cabai juga menurun akibat banyaknya acara masyarakat yang dibatasi saat terjadi wabah covid-19.

Konsumsi cabai hanya untuk kebutuhan makan sehari-hari dengan kebutuhan yang lebih kecil dibanding saat sebelum adanya wabah.

“Permintaan pasar terhadap cabai turun drastis. Keperluan masyarakat terhadap cabai lebih banyak hanya untuk konsumsi rumah tangga sehari-hari dengan jumlah yang tidak besar,” jelas Birhasani.

Ia pun menjelaskan kebutuhan cabai dalam jumlah yang banyak biasanya terjadi saat adanya acara-acara besar seperti pesta pernikahan, kebutuhan bahan pokok perhotelan, selamatan.

“Namun sekarang di tengah pandemi covid-19, saat ini acara-acara tersebut sangat dibatasi dengan adanya anjuran tidak dibolehkannya perkumpulan orang banyak, tingkat hunian hotel turun drastis, jumlah kunjungan ke rumah makan atau warung makan juga turun. Jam bukanya juga terbatas. Masyarakat saat ini cenderung memilih yang aman untuk mengonsumsi makanan di rumah saja,” tutur Birhasani.

Beberapa faktor tersebut, menjadikan permintaan cabai di pasar menurut Birhasani menjadi turun yang berdampak pada semakin minimnya penghasilan para pedagang cabai.

Selanjutnya, menurut Birhasani kondisi cabai di pasaran saat ini sesuai dengan hukum ekonomi yang ada.

Di mana banyaknya ketersediaan cabai di pasaran akibat stok yang melimpah namun permintaan cabai turun menyebabkan harga jual cabai menjadi rendah.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Panen Besar di Beberapa Daerah, Harga Cabai di Kalsel Anjlok)

Berita ini sudah dilihat 153 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 48
  • Page views today : 51
  • Total visitors : 530,004
  • Total page view: 1,113,570