Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Selatan

Sempat Anjlok, Harga Semangka Nagara Kalsel Kembali Membaik

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 230,790 kali

Sempat anjlok karena panen serentak, kini harga semangka naik lagi (dok, tribunnews.com)

BêBASbaru.com, HULU SUNGAI SELATAN – Petani buah semangka di Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sugai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan, kembali bersemangat memanen hasil kebunnya.

Sejak minggu pertama Oktober 2020, harga jual mulai membaik, dari Rp 900 sampai Rp 1.000 menjadi Rp 2.000 per kilogram. Membaiknya harga tersebut karena sebagian petani di desa lain sudah selesai panen.

Saat ini, panen sedang berlangsung di Desa Muning Tengah dan Muning Baru. Panen dilakukan sejak akhir September hingga diperkirakan panen baru selesai pertengahan Nopember 2020 mendatang.

Pengakuan Bahri, salah satu petani buah semangka, menyatakan rasa leganya karena harga tak lagi di bawah Rp 2.000 per kilogram.

“Soalnya kalau Rp 900-Rp 1.000 hanya bisa balik modal. Apalagi di Samuda sempat hanya Rp 500 sampai 700 per kilogram. Padahal sebagian dari rekan kami modalnya pinjaman,” kata Bahri.

Diapun berharap harga terus membaik di kisaran Rp 3.000 sampai Rp 3.500 seperti tahun 2019 lalu. Para petani pun mengatakan, panen tahun lalu lebih baik ketimbang tahun ini, karena musim kemarau basah.

Meski demikian, secara kualitas produk, huah semangka dari Nagara HSS ini tetap diakui karena rasanya yang manis, dan buahnya yang besar. Sementara, buah semangka dari Daha itu dikirim pedagang pengumpul ke Samarinda, Sampit, pulau Jawa, serta dipasarkan ke wilayah Kalsel.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Harga Semangka Nagara Kalsel Membaik, Petani Kembali Bersemangat)

Berita ini sudah dilihat 189 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 387
  • Page views today : 437
  • Total visitors : 545,586
  • Total page view: 1,130,752