Connect with us
Update Now

Dunia

Sekian Lama Damai, Beirut Kini Kembali Bergejolak dengan Guncangan Keras Mirip Bom

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 101,857 kali

Bom yang di sebut petasan yang meluluh lantakan bangunan di sekitarnya hingga radius 10 kilometer (dok, nawacita)

BêBASbaru.com, BEIRUT – Dua ledakan besar mengguncang kawasan pelabuhan Kota Beirut, Libanon pada Selasa (4/8) waktu setempat. Ledakan itu menewaskan setidaknya 50 orang dan melukai ribuan orang. Dahsyatnya ledakan membuat warga yang tinggal di kejauhan mendengar suara dentuman kencang dan menyaksikan asap berbentuk jamur membumbung tinggi.  Getarannya membuat kaca-kaca bangunan yang terletak puluhan kilometer pecah. Hal itu seperti yang ditangkap oleh video yang diunggah Abbir Ghatas melalui akun Twitter @AbbirGhattas. CNNIndonesia.com telah meminta izin untuk menampilkan video yang viral ini. “Kakak laki-lakiku mengirim video ini kepadaku. Kami tinggal 10 Km dari lokasi kejadian dan kaca-kaca di bangunan kami pecah,” ujar Ghatas dalam cuitan yang telah dibagikan 56,1 ribu pengguna Twitter. My brother sent me this, we live 10 KM away from the explosion site and the glass of our bldgs got shattered. #Lebanon pic.twitter.com/MPByBc673m

 kaca-kaca di bangunan kami pecah,” ujar Ghatas dalam cuitan yang telah dibagikan 56,1 ribu pengguna Twitter.

Dari tengah laut, saksi mata mendengar dentuman yang disusul oleh asap berwarna merah dan putih berbentuk kubah.

Ia juga membagikan sejumlah video yang ia dapat WhatsApp Group keluarganya yang tinggal di sekitar lokasi kejadian. Dalam salah satu video, tampak asap tebal menyelimuti kota, kaca-kaca gedung rontok, dan truk hancur.

itu menimbulkan suasana mencekam di ibu kota.  “Malapetaka di dalam. Banyak mayat di tanah,” kata seorang tentara di tempat kejadian. Kepala Keamanan Umum Abbas Ibrahim menduga ledakan berasal dari bahan peledak yang disimpan di kawasan tersebut bertahun-tahun sebelumnya. Investigasi lebih lanjut akan dilakukan. “Nampaknya ada gudang yang menyimpan material yang disita bertahun-tahun lalu, dan tampaknya merupakan yang berdaya ledak tinggi,” ujar Ibrahim. Perdana Menteri Libanon Hassan Diab menyatakan akan menindak siapapun yang bertanggung jawab atas peristiwa itu. Ia juga menetapkan Rabu (5/8) sebagai Hari Berkabung Nasional. “Mereka yang bertanggung jawab atas bencana ini akan membayarnya,” ujar Diab dalam pernyataan yang disiarkan stasiun TV lokal.

Sumber: CNN Indonesia.com dan berbagai sumber (dengan judul: Pelbagai Video Kesaksian Warga Lihat Ledakan Beirut)

Berita ini sudah dilihat 123 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 159
  • Page views today : 184
  • Total visitors : 528,360
  • Total page view: 1,111,777