Connect with us
Update Now

Dunia

Sejarah Kelam Kota yang di Kutuk Tuhan I: Jasad Budak dan Tuan Ditemukan di Pompeii

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 254,749 kali

Arkheology meneliti patung-patung di kota Pompeii di duga jasad manusia yang membatu (dok, tribunnews.com)

BêBASbaru.com, DUNIA- POMPEII – Bukan hanya negeri Sodom yang di kutuk Allah SWT akibat saking bejatnya kelakuan umat manusia di kota tersebut. Tapi ada lagi satu kota yang juga tak kalah dahsyatnya mendapat murka dari Allah SWT, yakni Kota  kuno Pompeii yang terletak di Italia kini.

Kementerian Kebudayaan Italia mengumumkan para arkeolog menemukan sisa jasad dua penduduk kota kuno Romawi Pompeii. Seperti budak dan tuannya. Dua jasad itu diperkirakan berasal dari tahun 79 SM saat Pompeii dilanda letusan gunung berapi hingga menghancurkan kota.

2 Jasad Penduduk Pompeii Ditemukan, Diyakini Sebagai Tuan dan Budaknya Halaman all - Kompas.com

Tuhan menunjukan kebesarannya sekaligus peringatan kepada Umat Manusia, yakni diperlihatkannya patung-patung, yang di duga jasad warga Kota Pompeii yang membatu, akibat kena azab dari Tuhan, ketika terkena lahar gunung merapi yang meletus dahsyat dan melenyapkan kota berikut seluruh warganya, di kota penuh dosa tersebut. (dok, kompas.com)

 

 

Sisa-sisa jasad itu ditemukan di Civita Giuliana, 700 meter barat laut dari pusat Pompeii kuno. Tepatnya, di ruang bawah tanah di area vila besar yang sedang digali.

Jasad itu ditemukan di sebuah vila yang elegan di pinggiran Pompeii. Salah satu jasad diperkirakan merupakan seorang pria yang memiliki status lebih tinggi, berusia antara 30 dan 40. Itu terlihat dari bekas jubah wol di bawah lehernya.

Jasad kedua, mungkin berusia 18 hingga 23 tahun, mengenakan tunik dan memiliki sejumlah tulang belakang yang patah. Itu menandakan bahwa ia adalah seorang budak yang melakukan pekerjaan berat.

Gigi dan tulang dua pria itu diawetkan. Adapun lubang yang dulunya tempat jaringan lunak diisi dengan semen yang dibiarkan mengeras. barulah kemudian dilakukan penggalian untuk melihat bentuk tubuh mereka.

“Kedua korban ini mungkin mencari perlindungan ketika mereka tersapu arus piroklastik sekitar pukul 9 pagi,” kata Massimo Osanna, direktur situs arkeologi, dan dikutip CNN. “Ini adalah kematian karena sengatan panas, seperti yang juga ditunjukkan oleh kaki dan tangan mereka yang terkepal.”

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Kebudayaan Dario Franceschini, mengatakan temuan itu menggarisbawahi status Pompeii sebagai “tempat yang luar biasa untuk penelitian dan studi.” Pompeii, 23 kilometer tenggara Napoli, adalah rumah bagi sekitar 13.000 orang ketika letusan gunung berapi mengubur kota itu di bawah abu, kerikil batu apung dan debu, membekukannya tepat waktu.

Sisa-sisa kota itu tidak ditemukan hingga abad ke-16 dan penggalian terorganisasi yang dimulai sekitar tahun 1750. Namun, baru-baru ini, perhatian difokuskan pada penangkapan pembusukan atau runtuhnya bangunan terbuka di Pompeii.

Sumber: detik.com dan berbagai sumber (dengan judul: Jasad Budak dan Tuan Ditemukan di Reruntuhan Pompeii)

Berita ini sudah dilihat 20,680 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 202
  • Page views today : 245
  • Total visitors : 547,677
  • Total page view: 1,133,112