Connect with us
Update Now

Dunia Islam

Sebelum Menjabat Kaya Raya, Saat Jadi Pemimpin Malah Miskin Padahal Negaranya Makmur!

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 126,937 kali

Iring-iringan mobil Presiden Ri, sangat beda jauh dengan Pemimpin Islam terdahulu yang malah tak mau di kawal berlebihan, padahal saat itu keamanan tidaklah lebih baik dari sekarang (dok, detiknews.com)

BêBASbaru.com, DUNIA ISLAM – Ribu-ribut soal bakal dapat mobil baru bagi pejabat negara dan masih maraknya korupsi di negara kita yang mayoritas Islam ini. Tentu membuat kita membuka sejarah, apakah pemimpin Umat Islam di masa lalu juga begitu, minta fasilitas wah dan bergaji tinggi?

Ternyata sebaliknya! Setelah Khalifah Umar Bin Khattab wafat, maka naiklah Usman Bin Affan sebagai penggantinya. Khalifah Usman Bin Affan sebelumnya adalah pengusaha yang sangat kaya raya, sudah tak terhitung hartanya dia sumbangkan untuk perjuangan Islam.

Namun, setelah menjabat sebagai Pemimpin Umat Islam yang saat itu sedang berkembang sangat pesat dan tentu saja kaya raya negaranya, Khalifah Usman malah hidup sangat sederhana. Semua harta dia sumbangkan ke perbendaharaan negara. Khalifah Usman malah memakai baju yang tambalan, aneh bukan, Presiden Umat Islam malah miskin saat menjabat.

Setelah itu adalagi Khalifah yang juga sama berperilaku dengan Khalifah Usman, yakni Khalifah Umar Bin Abdul Aziz (yang menjabat Khalifah dari Bani Muawiayah, 60 tahun setelah Rasulullah wafat). Fatimah, istri Khalifah Umar Bin Abdul Aziz adalah anak Khalifah sebelumnya, dan ayah Khalifah Umar adalah adik dari Khalifah dan mantan Gubernur yang tak terhitung ‘sugihnya’ dan Umar pastilah mewarisi harta yang tak sedikit itu.

Istana Rp4 triliun Pangeran Arab di Prancis, the real Sultan!

Calon pewaris Kerajaan Arab Saudi, Muhammad Bin Salman dianggap sebagai Pangeran super tajir, tentu saja dengan fasilitas dari warisan kerajaan yang kaya raya, memudahkan dia mengumpulkan pundi-pundi harta yang tak bisa dihitung lagi saking banyaknya (dok, hops.id)

 

Sejak kecil Umar Bin Abdul Aziz punya pembantu (budak) tak sedikit, mulai dari tukang sisir hingga yang menemani dia kemana-mana. Baju pun selalu merek ternama dan termahal pada jaman nya, sekali pakai Umar konon tak pernah mau memakainya dan wajib ganti baru.

Begitu secara mengejutkan dia di tunjuk sebagai Khalifah, kehidupan Umar Bin Abdul Aziz berubah 180 derajat. Seluruh harta nya berikut harta istrinya dia sumbangkan ke Baitul Mall, sampai rumah-rumah pun tak tersisa, hingga hanya tinggal sepetak lahan dan gubuk yang dia sisakan, itupun dari hasil mengumpulkan gaji sebagai Khalifah, yang dia pangkas sendiri hanya 200 dirham per bulan (sebelum nya Khalifah bergaji 50 ribu dirham perbulan). Alasan Umar sederhana, harta warisan dari orang tuanya dan dari mertuanya untuk istrinya hasil korupsi, karena mengambil tidak sah dari rakyat saat mereka menjabat.

Umar pun selama menjabat Khalifah 29 bulan, hanya memiliki 2 baju ‘dinas’ yang sudah tambal-tambalan, kenapa Umar begitu miskin, apakah negara dan rakyatnya miskin? Justru kebalikannya, sampai budak nya berseloroh, di negeri ini hanya Umar sekeluarga dan budaknya yang miskin, yang lain sudah kaya raya. Rakyat makmur, hakim-jaksa tak berani mainkan hukum syariah, tentara makmur, pejabatnya tak berani korupsi, baitul mall atau APBN surplus, zakat orang kaya sampai di tolak rakyat, karena sudah merasa sejahtera. Bahkan binatang pun ikutan makmur, sampai domba dan serigala bisa berbagi baki minuman bersama.

Rasulullah SAW merupakan seorang pemimpin yang mesti dijadikan teladan oleh setiap pemimpin Islam (al-Ahzab: 21). Rasulullah SAW juga seorang pemimpin yang hidup sederhana, tapi memiliki sifat akhlak mulia (al-Qalam: 4). Istrinya, Aisyah RA, mengatakan, akhlak Rasulullah SAW itu adalah penerapan Alquran dalam segala aspek kehidupannya (Abdul Halim Mahmud: 1990).

Abubakar menerapkan persamaan pembagian kekayaan negara kepada seluruh rakyatnya. Ketika sakit di akhir hidupnya, beliau berwasiat, agar hartanya yang hanya sedikit itu diberikan kepada pemimpin setelahnya. Umar bin Khattab menangis menerima wasiat Abu Bakar Shiddiq itu. Karena beliau tahu, tanggung jawabnya di masa depan jauh lebih berat.

Namun begitu, Umar tetap mencontoh pendahulunya untuk hidup sederhana dalam mengemban tugas negara. Menurut dia, Allah SWT telah memuliakan umat ini dengan Islam, maka tidak perlu lagi mencari kemuliaan dengan yang lain (Atsar sahih riwayat Ibnu Abi Syaibah).

Pada waktu menjadi khalifah (pemimpin), kendaraan dinas Umar bin Khattab hanya seekor unta. Pada waktu pendeta Kristen negeri Palestina, Safraneus, menyerahkan kunci negeri Palestina kepada pemimpin besar Negara Islam, Umar bin Khattab bergantian menunggang untanya dengan pembantunya menuju Palestina. Umar juga mengembalikan hadiah makanan lezat yang dikirim dari Afrika. Karena, menurutnya, makanan itu lebih baik dinikmati oleh rakyatnya.

Usman bin Affan juga berbuat adil dalam menerapkan hukum Islam. Dia dengan tegas melaksanakan hukuman cambuk atas adiknya, al-Walid bin Aqabah, yang telah melakukan pelanggaran syariat Islam. Ali bin Abi Thalib juga pemimpin bijaksana, sederhana, dan adil dalam bertindak. Di hari raya, makanan yang tersedia di rumahnya hanya makanan rakyat kecil, berupa hidangan daging rebus bercampur tepung (al-khazirah). Karena, menurut beliau, menyitir sabda Rasulullah SAW, seorang pemimpin itu hanya berhak menerima gaji untuk makannya dengan keluarganya, dan makannya dengan tamunya (HR Imam Ahmad).

Islam telah menetapkan syarat tertentu yang mesti terpenuhi pada diri seorang pemimpin, agar amanah besar itu tidak menjadi ajang perebutan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab.

Sebagai pemimpin, Rasulullah SAW dan Khulafa’ al-Rasyidin, hingga Umar bin Abdul Aziz, telah memberikan teladan yang baik dengan hidup sederhana, adil, dan menjunjung tinggi supremasi hukum. Di bawah kepemimpinan mereka, Negara Islam menjadi maju, besar, dan disegani. Dan, umat Islam pada masa itu juga hidup damai, aman, dan sejahtera.

Sumber: republika.id dan berbagai sumber (dengan judul: Kesederhanaan Para Pemimpin di Masa Khulafaur-Rasyidin)

Berita ini sudah dilihat 297 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 94
  • Page views today : 105
  • Total visitors : 532,101
  • Total page view: 1,115,941