Connect with us
Update Now

Balangan

Salurkan Pupuk Bersubsidi Distan Balangan Gunakan Kartu Tani

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 464,994 kali

Kadis Pertanian Kabupaten Balangan, Gazali Rahman (infopublik)

BệBASbaru.com, BALANGAN – Tahun 2021 sudah dimasuki, distribusi pupuk bersubsidi bagi para petani di Kabupaten Balangan bakal menggunakan sistem kartu.Dinas Pertanian Kabupaten Balangan akan menerapkan kartu tani kepada para petani di Balangan.

Secara bertahap, Dinas Pertanian telah membagikan kartu tani kepada beberapa kelompok tani yang ada di Kecamatan. Sistemnya yakni, kartu tani akan digunakan sebagai alat pembayaran untuk membeli pupuk bersubsidi.

Tentunya petani mengisi sendiri untuk saldo dari kartu tani tersebut. Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, Gazali Rahman menyampaikan, penggunaan kartu tani sebagai sarana dalam distribusi pupuk subsidi merupakan langkah pemerintah dalam memaksimalkan distribusi pupuk subsidi.

“Sejauh ini sudah ada beberapa petani yang mendapatkan kartu tani. Namun masih belum difungsikan. Pada tahun 2021, sembari sosialiasi, secara bertahap kartu tani pun akan digunakan,” ucap Gazali, Kamis (31/12/2020).

Dinas Pertanian ucapnya, bekerja sama dengan Bank BNI untuk ketersediaan kartu tani. Adapun petani yang akan mendapatkan kartu tani ialah mereka yang sudah terdaftar di Dinas Pertanian Kabupaten Balangan.

Sementara itu, untuk jumlah petani di Kabupaten Balangan yang menerima pupuk bersubsi, Gazali merinci, ada 10.903 petani di tahun 2020 ini. Sedangkan jatah pupuk terdiri dari Pupuk Urea sebanyak 1197 ton, Pupuk NPK 2117 ton, Pupuk Organik 1795 ton, Pupuk Sp36 777 ton, dan Pupuk Za 333,554 ton dengan jumlah luas tanam 9.804 hektar.

Kemudian pada 2021 mendatang, pihaknya kata Gazali mengusulkan, penerima pupuk bersubsidi sebanyak 14.037 orang dengan kebutuhan pupuk Pupuk Urea sebanyak 1453,196 ton, Pupuk NPK 2762 ton, Pupuk Organik 1717,479 ton, Pupuk Sp36 319,792 ton, dan Pupuk Za 228,253 ton dengan jumlah luas tanam 14.491 hektar.

Gazali juga menyampaikan, penggunaan kartu tani adalah bagian dari upaya pemerintah dalam memperbaiki pola distribusi pupuk subsidi bagi para petani. Ke depan, kartu tani akan menjadi sangat penting bagi para petani, karena penyaluran bantuan pemerintah baik benih, pupuk dan sarana lainnya akan disinkronkan terhadap kartu yang serupa fungsinya dengan ATM tersebut. Hanya saja penggunaan dananya dikhususkan untuk kebutuhan pertanian dari pemerintah.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Dinas Pertanian Balangan Bakal Salurkan Pupuk Bersubsidi Melalui Kartu Tani)

Berita ini sudah dilihat 555 kali