Connect with us
Update Now

Ragam Lainnya

Salah Satu Faktor Legenda Indonesia Taufiq Hidayat Pensiun, Selalu Kalah Tiap Bertemu Lin Dan

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 118,153 kali

17x bersua, hanya 3x pertemuan pertama Taufik-Hidayat bisa kalahkan Lin Dan sisanya kalah semua hingga Taufiq penisun muda (dok, Tribunnews)

BêBASbaru.com, BULUTANGKIS – Lin Dan sudah sering bertemu pemain badminton Indonesia selama 19 tahun berkarier di level profesional, namun hanya ada satu pemain Merah Putih yang unggul head to head atas Super Dan. Berlaga di pentas senior sejak 2001 hingga pensiun pada Juli 2020, Lin Dan sudah bertanding melawan pebulutangkis Indonesia dari berbagai generasi. Mantan pemain-pemain pelatnas seperti Budi Santoso, Simon Santoso, Sony Dwi Kuncoro, dan Taufik Hidayat adalah wakil dari generasi awal 2000-an. Melawan andalan-andalan Cipayung pada masa itu, Lin Dan membukukan hasil yang dominan. Simon hanya diberi satu kemenangan dari 12 pertemuan, sementara Sony hanya mampu meraih tiga kemenangan dan menelan sembilan kekalahan. Taufik pun lebih sering kalah. Setelah meraih empat kemenangan pada awal pertemuan dengan Lin Dan, Taufik kemudian mengalami kekalahan beruntun setiap bertemu dengan rivalnya tersebut. Total, Taufik menang empat kali dalam 17 pertemuan. Lin Dan pun membukukan keunggulan atas generasi Indonesia selanjutnya seperti Dionysius Hayom Rumbaka, Andre Kurniawan Tedjono, Alamsyah Yunus, dan Tommy Sugiarto. Pebulutangkis yang juga dijuluki Bad Boy itu kemudian turut merasakan perlawanan dari andalan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, seperti Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Ihsan Maulana Mustofa, dan Shesar Hiren Rhustavito. Jonatan dan Ginting memiliki catatan head to head yang hampir seimbang melawan Lin Dan. Jonatan menang tiga kali dari tujuh pertemuan, sedangkan Ginting dua kali menang dan tiga kali kalah. Shesar menjadi satu-satunya pebulutangkis Indonesia yang tercatat unggul atas Lin Dan. Dikutip dari situs BWF Badminton, Shesar menaklukkan Lin Dan dalam satu-satunya laga yang terjadi di antara keduanya. Kemenangan Shesar diraih pada Thailand Open 2019. Ketika itu Shesar menang 21-12, 15-21, dan 21-10. Selain menang atas pemain-pemain Indonesia yang membela Merah Putih, Lin Dan juga membukukan kemenangan atas pemain badminton tanah air yang membela negara lain seperti Taufiq Hidayat Akbar, Hariyanto Agus, Ronald Susilo, Irwansyah, Yong Yudianto, dan Indra Wijaya.

Setelah Taufiq penisun, hubungan yang sempat panas kala masih aktif malah jadi persahabatan bersama Lin Dan dan Lee Chong Wei (dok, badminton.planet.com)

Rekor Pertemuan Atlet Indonesia Melawan Lin Dan:

Simon Santoso 1-11
Taufik Hidayat 4-13
Andre Kurniawan Tedjono 0-2
Sony Dwi Kuncoro 3-9
Tommy Sugiarto 2-6
Alamsyah Yunus 0-2
Rony Agustinus 0-2
Ihsan Maulana Mustofa 1-4
Jonatan Christie 3-4
Anthony Sinisuka Ginting 2-3
Shesar Hiren Rhustavito 1-0
Dionysius Hayom Rumbaka 0-1
Budi Santoso 0-1
Sumber: cnn Indonesia.com dan berbagai sumber

Berita ini sudah dilihat 96 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 312
  • Page views today : 354
  • Total visitors : 531,091
  • Total page view: 1,114,812