Connect with us
Update Now

Balangan

Rumah Batu ‘Urang Sugih’ Jaman Kolonial Masih Berdiri Kokoh di Desa Ninian Balangan

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 110,345 kali

Rumah milik Alm. HN Iffansjah Hanafie bin Handran yang dibangun pada tahun 1926 terletak di seberang pasar Desa Ninian Kecamatan Juai, masih kokoh dengan arsetiktur gaya Eropa jaman dulu (dok, blooger)

BêBASbaru.com, BALANGAN – Berukuran sekitar 20×20 meter dan tinggi 12 meter, begitulah luasan Rumah Batu di Desa Ninian, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan Kalsel yang disebut memiliki gaya bangunan ala Eropa. Rupanya, pemiliknya merupakan pengusaha kaya raya pada bidang karet di masanya, yakni sekitar tahun 1926 kala rumah itu berdiri. Rumah tersebut kini dihuni oleh Suriansyah beserta anak-anaknya. Suriansyah menceritakan, Rumah Batu atau Rumah Belanda itu merupakan milik keluarga Handran yang diwariskan kepada sang anak, yakni Alm HN Iffansjah. Dari Iffansjah lah, kemudian rumah dipercayakan kepada Kurdi yang merupakan ayah dari Suriansyah. Penghuni Rumah Batu di Desa Ninian Kecamatan Juai Balangan. Baik Handran maupun Iffansjah, keduanya adalah tokoh besar di desa. Handran merupakan kepala desa yang menguasai wilayah tersebut dan dikenal sebagai orang yang cukup kaya pada masanya, sementara Iffansjah, anaknya adalah pengusaha kebun karet di kawasan yang sama. Suriansyah juga menilai, arsitektur eropa yang diciptakan untuk pembangunan rumah tersebut, karena pemiliknya yang sering berpergian ke luar daerah. Sehingga memiliki pemikiran untuk membangun rumah seperti itu. “Rumah bergaya eropa pada jaman dahulu menggambarkan tingkat kemapanan ekonomi,” jelas Suriansyah. Hal serupa juga disampaikan oleh Misna, anak dari Suriansyah yang juga tinggal di rumah tersebut. Jelas Misna, karena dahulu pemiliknya merupakan orang kaya dan sering melakukan perjalanan ke luar daerah, sehingga memungkinkan dibangunannya desain rumah seperti yang ada saat ini.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Rumah Batu Desa Ninian Balangan, Pemiliknya Ternyata Tokoh Pengusaha Kaya Raya Karet)

Berita ini sudah dilihat 95 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 150
  • Page views today : 169
  • Total visitors : 529,684
  • Total page view: 1,113,218