Connect with us
Update Now

Dunia

Respon Virus Corona Bermutasi di Inggris, Saudi Larang Masuk Semua Penerbangan Internasional

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 439,745 kali

Arab Saudi kembali terapkan aturan ketat, respon korona bermutasi lagi di Inggris (dok, BBC.com)

BệBASbaru.com, DUNIA-Riyad – Arab Saudi melarang seluruh penerbangan internasional selama sepekan di tengah meningkatkan kekhawatiran penularan virus corona tipe baru penyebab penyakit Covid-19. Demikian disampaikan sumber di Kementerian Dalam Negeri SAudi kemarin.

Dilansir dari laman Gulf News, Senin (21/12), larangan itu juga berlaku untuk seluruh penumpang yang akan masuk melalui jalur darat dan laut. “Prosedur ini akan dievaluasi seiring perkembangan kondisi pandemi dan apa yang diterima dari Kementerian Kesehatan,” kata sumber itu dalam pernyataan.

Sejumlah negara eropa juga menerapkan larangan perjalanan dan menunda penerbangan dari dan ke Inggris karena merebaknya virus corona varian baru yang menyebabkan penularan Covid-19 menyebar lebih cepat.

Penerbangan internasional yang akan keluar Saudi akan dibolehkan. Larangan ini dikecualikan untuk perpindahan barang, komoditi, dan pasokan makanan dari negara yang tidak mengalami mutasi virus corona dan itu ditentukan oleh Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan.

“Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan tentang menyebarnya mutasi baru Covid-19 di sejumlah negara, hingga ada informasi medis yang jelas tentang karakter virus ini, dan keperluan melindungi warga dan penduduk untuk menjamin keselamatan mereka maka pemerintahan Kerajaan memutuskan mengambil langkah-langkah sebagai berikut:

Pertama, menunda semua penerbangan internasional untuk wisatawan–kecuali untuk kasus-kasus tertentu–selama sepekan dan bisa diperpanjang sepekan lagi, terkecuali untuk penerbangan internasional yang saat ini berada di wilayah Kerajaan, mereka dibolehkan untuk keluar.

Kedua, menunda semua jalur masuk ke Kerajaan melalui darat dan pelabuhan laut selama sepekan dan bisa diperpanjang tambahan sepekan lagi. Ketiga, siapa pun yang kembali dari negara Eropa atau negara tempat menyebarnya epidemi, seperti yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan pada 8 Desember lalu hingga hari ini maka harus melakukan:

  1. Isolasi mandiri di rumah selama dua pekan dimulai saat dia tiba di Saudi
  2. Menjalani tes Covid-19 selama masa isolasi dan diulangi lagi setiap lima hari.

Keempat, siapa pun yang kembali dari negara Eropa atau negara tempat menyebarnya epidemi selama tiga bulan terakhir harus menjalani tes virus corona. Pelarangan ini menyusul pengumuman pemerintah Inggris tentang munculnya varian baru virus corona yang penyebaran penularannya lebih cepat.

Sumber: merdeka.com

Berita ini sudah dilihat 46,985 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis