Connect with us
Update Now

Politik

Rekap Manual Dimulai, Suara BirinMu Mulai Kejar H2D

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 432,596 kali

KPU Batola mulai rekap manual (dok, apahabar.com)

BệBASbaru.com, POLITIK – Persentase suara formulir model C. Hasil-KWK di laman Sirekap KPU dari TPS Kabupaten Banjar sudah 34,64 persen per update pukul 18:44, Sabtu (12/12/2020). Kabupaten Banjar diprediksi akan mendongkrak perolehan suara petahana H Sahbirin Noor berpasangan dengan H Muhidin.

Dari pantauan selisih suara di Kabupaten Banjar berdasar data Sirekap KPU cukup signifikan yaitu 60.379 milik paslon 1 Sahbirin Noor – Muhidin berbanding 35.675 milik kandidat nomor urut 2 Denny Indrayana-Difriadi.

Perolehan sementara tersebut, kandidat 01 unggul sekitar 50 persen dari penantangnya. Perhitungan suara di Kabupaten Banjar cukup menjadi perhatian karena daerah ini terdapat pemilih terbanyak seperti Banjarmasin dibandingkan kabupaten/kota lainnya.

Secara perlahan selisih suara Pilgub Kalsel semakin menipis. Sebelumnya persentase suara Sahbirin Noor – Muhidin (BirinMu) berada di angka 48 koma sekian, seiring masuknya suara Kabupaten Banjar persentase suara paslon No. 1 merangkak ke angka 49,2 persen pantauan pukul 20.15 Wita, Sabtu (12/12/2020).

Pengamat Politik dari Fisip Universitas Lambung Mangkurat, Setia Budi, mengatakan cukup menarik melihat dinamika Pilgub Kalsel 2020. Menurutnya dinamika saat ini menampilkan kontestasi demokrasi yang sangat baik.

Budi melihat sesudah pemilihan terjadi zona dukungan petahana yang tidak bergeser dari Pilgub sebelumnya. Jika diamati mengapa hal itu terjadi karena pembangunan di daerah itu menurut amatan masyarakat terjadi perubahan signifikan.

“Di mana petahana mendapat dukungan kuat di situ terjadi pembangunan signifikan. Katakanlah Barito Kuala yang mana saat ini perolehan suara cukup jauh antara petahana dengan penantang. Sejak 2015 Golkar selalu unggul dan masyarakat tetap mempertahankan pilihannya terhadap calon gubernur,” tuturnya.

Selain itu, disebutnya, petahana juga unggul di beberapa daerah. Namun, selisihnya suara tipis, tidak seperti di Barito Kuala dan Banjar. “Di Kabupaten Banjar di mana saat ini juga menjadi lumbung suara petahana. Kita tau pembangunan di sana cukup signifikan. Tapin juga demikian saat ini menjadi penyumbang suara yang signifikan bagi petahana. Secara umum petahana unggul di beberapa daerah,” bebernya.

Budi menyatakan peluang petahana untuk menang terbuka jika jarak selisih suara di lumbung suara terlalu jauh. Menurut Budi meskipun kalah di daerah lainnya jika menang dengan selisih banyak di basis pemilih yang besar maka sangat mungkin hasil akhir memenangkan petahana.

“Kita tunggu hasil akhirnya bagaimana saya belum berani menyimpulkan tapi peluang petahana terbuka jika melihat perolehan selisih suara di daerah dengan basis suara yang tinggi. Saat ini dinamika suara terus bergerak,” pungkasnya.

Sumber: klikkalsel.com dan berbagai sumber (dengan judul: Suara BirinMu Mulai Kejar H2D)

Berita ini sudah dilihat 196 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA