Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Utara

Rawa Gambut di Haur Gading HSU akan dijadikan Obyek Wisata

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 424,433 kali

Susur gambut rawa, Haur Gading, HSU (dok, tribunnews.com)

BệBASbaru.com, HULU SUNGAI UTARA – Setelah enam desa melakukan penyusuran di sekitar arah rawa di Kecamatan Haur Gading, tampaknya rencana untuk menjadikannya sebuah objek wisata susur sungai mendapat tanggapan positif dari masyarakat bahkan dari Pemerintah Kabupaten HSU.

Kepala Dinas Pemerintah Desa Rizali Hadi bersama rombongan melihat dan mengunjungi langsung wisata yang bisa disebut dengan susur rawa. Ia mengakui bahwa perjalanan ini memberikan pengalaman yang sangat menakjubkan.

Keindahan alami yang ada di daerah rawa setempat, menurutnya, menjadi modal besar untuk menjadikannya daerah wisata. “Karena memang masih tahap awal kami akan membantu semaksimal mungkin agar potensi ini bisa dikembangkan, terlebih daerah rawa yang ada di HSU memang sebuah potensi yang bisa terus digali pemanfaatannya,” ujarnya.

Pihaknya juga akan membantu pembinaan desa untuk kesuksesan pengembangan daerah rawa ini. Rizali menambahkan potensi lain yang mendukung adalah antusias dari warga sekutar dalam memberikan kepedulian terdahap rawa gabut sangat besar.

“Warga ikut andil langsung dalam upaya melestarikan dan mengembangkan potensi daerah rawa di HSU Khususnya di Kecamatan Haur Gading ini,” ujarnya. Iwan Hermawan yang ikut memeandu perjalanan rombongan mengatakan potensi susur rawa gambut ini mulai banyak dikenal oleh masyarakat. Dan pihaknya juga bersiap jika memang antusias warga untuk mengunjungi rawa gambut ini semakin tinggi.

Dalam perjalanan tersebut rombongan mengunjungi Demplot budi daya purun Desa Pulantani, pengunjung dapat melihat upaya pelestarian terhadap sumberdaya alam kebun purun sebagai bahan baku utama kerajinan di 6 Desa. Dilanjutkan dengan menuju ke Awang Kari yaitu pengunjung dapat menikmati keindahan alur awang dan keanekaragaman hayati  ekosistem gambut terus dipelihara serta berhenti di pondok pemantau api.

“Lahan rawa gambut yang memiliki banyak tanaman purun sangat berguna untuk mengembangkan kerajinan, dan ternyata juga memiliki potensi wisata alam yang indah yang perlu ditingkatkan dan dikenalkan secara lebih luas,” ujarnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul:  Susur Rawa Gambut di Haur Gading, Kadis Pemdes HSU Rasakan Pengalaman Menakjubkan)

Berita ini sudah dilihat 112 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA