Connect with us
Update Now

Lensa

Rabiul Awal Atau Bulan Lahirnya Rasusullah SAW, Inilah 5 Keutamaan Bulan Rabiul Awal

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 127,503 kali

Lensa – Adat atau tradisi Maulitan dari kampung ke kampung, khususnya di Hulu Sungai Kalsel, yang sudah menjadi sebuah kewajiban sejak jaman ratusan tahun yang lalu kembali rame tahun ini. Setiap kampung yang ada menggelar acara maulit baik siang maupun malam, dengan mengundang warga kampung tetangga lainnya secara bergiliran. Bulan Rabiul Awal adalah bulan yang dimuliakan umat muslim seluruh dunia. Sebab di bulan inilah Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Tepatnya pada Senin, 12 Rabiul Awal di tahun Gajah. Terdapat sejumlah keutamaan bulan Rabiul Awal. Tahun ini tanggal 1 Rabiul Awal 1441 Hijriyah jatuh pada hari Selasa, 29 Oktober 2019. Selain kelahiran Rasulullah, sejumlah peristiwa penting disebut juga terjadi pada bulan Rabiul Awal. Seperti: hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekah ke Kota Madinah, dibangunnya masjid pertama di dunia, pertama kali digelar sholat Jumat dan wafatnya Rasulullah SAW. Selain peristiwa penting, ada sejumlah keutamaan bulan Rabiul Awal :

1. Disunnahkan memperbanyak Sholawat
Bulan Rabiul Awal merupakan bulan yang sering di manfaatkan untuk bershalawat dan memberi salam kepada Rasulullah Saw. Terutama shalawat Nariyyah yang bermanfaat untuk membuat hidup menjadi lebih baik, dan insya allah akan mendapatkan sya’faat dari Rasulullah Saw.

2. Banyak Berkah
Bulan Rabiul Awal sering dimanfaatkan untuk berkumpul sesama muslim di masjid ataupun majelis-majelis, bertujuan untuk menanamkan rasa cinta atau mahhabah kepada Rasulullah SAW .

3. Kecintaan kepada Rasulullah SAW
Keutamaan bulan Rabiul Awal menjadi bulan untuk mengungkapkan,akan kecintaan kepada Rasulullah. Bahkan orang kafir sekalipun akan mendapatkan manfaat dengan kegembiraan tersebut.

4. Mendapatkan rahmat Allah
Rahmat Allah berupa taman Surga, serta dibangkitkan di hari kiamat dengan golongan orang-orang yang mati sahid, sholeh, dan orang jujur. Imam Syafi’i Rohimahullah mengatakan, “Barang siapa yang mengumpulkan saudara-saudara untuk memperingati Maulid nabi, kemudian menyediakan makanan, tempat, dan berbuat kebaikan untuk mereka serta ia menjadi sebab untuk atas dibacakannya maulid nabi, maka Allah akan membangkitkan dia bersama-sama orang yang jujur, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang sholeh. Dan dia akan dimasukkan dalam syurga na’im.”.

5. Melakukan amal kebaikan
Bulan Rabiul Awal menjadi bulan untuk melakukan amal kebaikan, seperti yang dilakukan Abu Lahab memerdekakan Suwaibah. Amal kebaikan yang mudah dilakukan seperti membaca Al Quran, bersholawat kepada Nabi, dan memperbanyak sedekah.

Itulah beberapa keutamaan Bulan Rabiul Awal, semoga kecintaan kepada Rasullulah semakin bertambah agar kita dan umat muslim di seluruh dunia mendapatkan syafa’at di akhirat kelak.
Sumber: detik.com dan berbagai sumber

Berita ini sudah dilihat 49 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

67 − = 61

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 159
  • Page views today : 184
  • Total visitors : 532,166
  • Total page view: 1,116,020