Connect with us
Update Now

Kotabaru

Pulau Laut ‘Diobrak Abrik’ Tambang Batubara, Getaran Blasting Terasa ke Rumah Warga

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 407,475 kali

Walaupun sempat di demo warga, tapi aktivitas tambang di Pulau Laut Kotabaru jalan terus (dok, tribunnews.com)

BệBASbaru.com, KOTABARU – Kegiatan penambangan batubara di Kotabaru terus berlangsung.  Selain pembukaan lahan oleh PT Sebuku Group, perusahaan mengantongi izin usaha pertambangan-operasi produksi (IUP-OP) itu sudah mengeksploitasi emas hitam dalam perut bumi daratan Pulaulaut ini.

Dari beberapa titik lahan konsesi penambangan, di antaranya wilayah Desa Sungup, Kecamatan Pulaulaut Tengah, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan sejak beberapa lalu digarap oleh PT Sebuku Tanjung Coal (Sebuku Group).

Pengamatan banjarmasinpost.co.id beberapa hari lalu, eksistensi kegiatan penambangan tidak tampak terlihat. Namun tampak dari kejauhan alat berapa perusahaan sedang bekerja di sebagian besar lahan sudah terbuka.

Di titik lahan yang sebelumnya menghijau oleh pepohonan, kini tampak gersang. Dari kejauhan terpantau banjarmasinpost.co.id, debu dari kegiatan itu beterbangan dan terbawa angin. “Coba lihat HD-nya (alatnya) besar-besar. Itu debu juga lihat,” celetuk Rizal salah seorang warga Pulaulaut berbincang dengan banjarmasinpost.co.id, akhir pekan lalu.

Sementara, salah seorang warga Desa Sungup, mengatakan hampir tidak terhitung lagi mendengar suara ledakan oleh aktivitas peledakan (blasting) selama ada kegiatan penambangan batubara.

Apalagi, kata dia, kegiatan hanya beberapa kilometer persis di belakang rumah. “Kalau ada peledakan, terasa kaya ada gempa gitu. Kaca dan dinding rumah terasa bergetar,” ujarnya.  Getaran oleh aktivitas peledakan itu pun sempat banjarmasinpost.co.id rasakan, ketika berada di rumah salah seorang warga tersebut.

Pengakuan warga, dari pihak perusahaan pernah beberapa kali melakukan pendataan rumah-rumah warga terimbas kegiatan peledakan. “Di data saja sih,” jelasnya kepada banjarmasinpost.co.id, kemarin.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Aktivitas Tambang Batubara di Pulau Laut Kotabaru, Getaran Blasting Terasa di Rumah Warga)

Berita ini sudah dilihat 299 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 6
  • Page views today : 8
  • Total visitors : 553,448
  • Total page view: 1,139,868