Connect with us
Update Now

Headline

Polisi Tembak Mati 6 Anggota FPI Bag 3: DPR RI Akan Panggil Kapolri

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 411,684 kali

Kapolri Jend Pol Idahm Azis akan di panggil DPR RI (dok, kabar24)

BêBASbaru.com, INVESTIGASI – Sementara anggota lain Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Habiburokhman mengusulkan agar komisinya memanggil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Idham Azis untuk menjelaskan detail insiden.

“Kami akan usulkan begitu [Komisi III DPR panggil Kapolri],” kata pemilik sapaan akrab Habib itu lewat pesan singkat, Senin (7/12).

Habib pun meminta pembentukan tim investigasi independen khusus yang melibatkan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Menurut dia, langkah ini urgen ditempuh agar proses hukum berjalan adil dan transparan.

“Agar tidak ada penghakiman dini kepada siapapun selama investigasi berjalan, baik kepada kepolisian maupun kepada Habib Rizieq dan FPI serta pengikutnya,” tutur Habib. Sebagai anggota Komisi III DPR, Habib menambahkan, dirinya membuka diri untuk menerima masukan atau informasi apapun dari masyarakat terkait bentrokan antara polisi dengan laskar pengawal Rizieq Shihab.

“Insya Allah kami akan mengawal pengusutan kasus ini agar berjalan sesuai dengan koridor hukum yang berlaku,” kata dia lagi.

Bentrokan antara anggota polisi dan laskar pengawal Rizieq terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Senin (7/12) dini hari. Insiden ini berujung pada tewasnya enam orang dari pendukung Rizieq. Namun begitu kedua pihak yakni polisi dan FPI masing-masing memiliki kronologi terkait bentrokan tersebut.

Polisi menyebut bentrok lantaran aparat diserang dan dipepet ketika melakukan penyelidikan. Sedangkan FPI menyatakan, bentrok bermula karena kelompok laskar pengawal mendapat serangan dari orang tak dikenal di tengah tugas mengawal pentolan FPI Rizieq Shihab.

Untuk sementara ini, upaya menggali fakta dan mengungkap kebenaran musabab insiden tersebut tengah dilakukan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dengan membentuk tim. Menurut Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam tim tersebut bakal mendalami pelbagai informasi seputar kejadian.

“Komnas HAM melalui [Bidang] Pemantauan dan Penyelidikan telah membuat tim. Saat ini sedang mendalami informasi untuk memperdalam berbagai informasi yg beredar di publik,” kata Choirul Anam kepada CNNIndonesia.com, Senin (7/12).

Sumber: CNNIndonesia dan  berbagai sumber (dengan judul: DPR soal Bentrok: Desak Investigasi sampai Panggil Kapolri)

Berita ini sudah dilihat 256 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip