Connect with us
Update Now

Dunia

PM Terlama Jepang Resmi Mundur Bagian I: Gonta-ganti PM Bagi Jepang Biasa Saja, Rakyatnya Tetap Tenang

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 103,209 kali

Raut sedih Shinzo Abe saat umumkan mundur sebagai PM Jepang, setelah 2x menjabat dengan masa jabatan 8 tahun (dok, bisnis.com)

BêBASbaru.com, TOKYO – Jepang terkenal sebagai negeri yang mapan dalam hal demokrasi, walaupun dalam setahun sampai 2 hingga 3x ganti Perdana Menteri (PM), namun negeri yang sangat ‘santun’ memegang adat ketimuran ini tak pernah goncang rakyatnya. Jepang juga masih memelihara tradisi Kekaisaran, walaupun tak memegang peranan dalam politik, namun peran kekaisaran masih sangat kuat di negeri penghasil mobil-mobil kualiatas dunia ini. Salah satu PM terlama dalam sejarah politi Jepang yakni, Shinzo Abe mengeluarkan pernyataan yang sudah di duga sebelumnya yakni mundur dari jabatan. Pengumuman itu disampaikan Abe dalam konferensi pers di Tokyo pada Jumat (28/8). PM dengan jabatan paling lama menyatakan bahwa dia mundur karena alasan kesehatan. “Meskipun masih ada satu tahun lagi dalam masa jabatan saya dan ada tantangan yang harus dihadapi, saya telah memutuskan untuk mundur sebagai perdana menteri,” kata Abe seperti dikutip dari CNN.

Trump Jadi Pemimpin Negara Pertama yang Bertemu Kaisar Baru Jepang

Selama berkuasa, Shinzo Abe cenderung lunak dengan Presiden AS, Donald Trump (dok, inews.id)

Dia kemudian meminta maaf pada masyarakat Jepang sebab tidak bisa menyelesaikan masa jabatannya. Menurut Abe, itu adalah keputusan yang sulit. “Saya membuat keputusan bahwa saya tidak melanjutkan pekerjaan saya sebagai perdana menteri,” kata Abe. “Saya harus melawan penyakit dan perlu dirawat. “Spekulasi sang Perdana Menteri akan menanggalkan jabatan telah lama mencuat. Hal itu diperkuat setelah setidaknya dia melakukan dua kali kunjungan ke rumah sakit dalam rentang waktu satu pekan terakhir. Salah satu kunjungan itu dilaporkan berlangsung selama delapan jam. Dari kunjungan itu dia diketahui mengalami peradangan kronis pada usus besarnya. Sejumlah nama suksesor mencuat ke permukaan seiring kabar mundurnya Abe.

Sumber: CNN Indonesia.com dan berbagai sumber (dengan judul: Resmi Mundur, Shinzo Abe Minta Maaf ke Rakyat Jepang)

Berita ini sudah dilihat 122 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 47
  • Page views today : 48
  • Total visitors : 528,651
  • Total page view: 1,112,094