Connect with us
Update Now

Balangan

Plt Sekda Serahkan 2.352 Lembar Sertifikat Tanah Milik Warga Balangan

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 252,683 kali

Plt Sekda Balangan Erwan Mega Karya Latif menyerahkan sertifikat ke warga (dok, Kominfo Balangan-Bpost)

BêBASbaru.com, BALANGAN – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Balangan, menyerahkan 28 sertifikat secara simbolis hak atas tanah di Aula Benteng Tundakan Pemda Balangan, Senin (9/11/2020) kemarin.

Penyerahan sertifikat tanah dari Presiden Joko Widodo tersebut dilakukan secara virtual. Disaksikan pula oleh Plt Sekda Kabupaten Balangan, Erwan Mega Karya Latif beserta jajaran. Kemudian, Erwan secara simbolis menyerahkan sertifikat tersebut kepada perwakilan masyarakat yang mendapatkan pelayanan.

Mereka juga berterima kasih atas bantuan yang diberikan. Terlebih program PTSL merupakan program sertifikat tanah gratis dari pemerintah.

Kepala BPN Kabupaten Balangan, Didik Prasetyo Widiyanto menyampaikan, pembagian sertifikat ini adalah tindak lanjut dari pelaksanaan program sertifikasi tanah masyarakat baik dari Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) maupun redistribusi yang telah menyelesaikan tahun 2020 di Kabupaten Balangan.

“Sertifikat yang telah diserahkan sebanyak 2.352 lembar , dan ada 843 yang belum diserahkan,” katanya. Didik berpesan sertifikasi tersebut dapat dipergunakan masyarakat sebagai bukti kepemilikan hak atas tanah. Terutama untuk menjamin kepastian hukum atas kepemilikan, dan bisa menjadi jaminan modal usaha. Sehingga harap Didik, masyarakat yang menerima sertifikat bisa mengakses permodalan di perbankan.

Bisa menaikan taraf hidup perekonomian di Kabupaten Balangan. Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan akan membagikan satu juta sertifikat di 31 Provinsi. Adapun dalam lima tahun ini sebanyak 2,4 juta sertifikat tanah sudah dibagikan kepada rakyat.

Presiden menargetkan di 2025, seluruh bidang tanah di seluruh Indonesia sudah bersertifikat, termasuk tempat-tempat sarana ibadah. “Sertifikat sangat penting karena sebagai bukti kekuatan hukum, jadi jangan sampai rusak atau hilang. Jika para pemegang sertifikat kekurangan modal, ini bisa dijadikan jaminan ke perbankan untuk meminjam modal dan kalau ingin meminjam ke perbankan saya harap dapat diperhitungkan baik-baik agar bisa dikembalikan pinjamannya dan sertifikatnya tidak hilang,” pesan Presiden.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: 2.352 Lembar Sertifikat Tanah untuk Warga Balangan Diserahkan oleh Presiden RI)

Berita ini sudah dilihat 426 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 25
  • Page views today : 36
  • Total visitors : 547,500
  • Total page view: 1,132,903