Connect with us
Update Now

Berita

(Pilkada Tabalong 2018 Bagian XVII) Hasil Survey : Incumbent Bisa Tumbang…!!!

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 251,534 kali

Pernyataan Dirham Zain (JSI), bahwa di Tabalong potensi calon petahana bisa dikalahkan, menimbulkan semangat baru bagi calon bupati yang bukan incumbent. Karena 71% pemilih belum menentukan sikapnya dan masih menunggu perkembangan. Walaupun belum ada gerakan yang masif dari para calon, namun dengan tinggal 2,5 bulan lagi pembukaan pendaftaran di KPUD Tabalong, diprediksi pada Desember tahun ini, semua calon akan mulai jor-joran dalam melakukan sosialisasi ke warga Tabalong. Jualan putera daerah dan politik uang ternyata tak begitu signifikan lagi, rakyat butuh riil bukan janji..(hasil survey)

Bapak…numpang tanya, sudah positifkah calon ‘ngitu’ dan sudahkah bikin timsuk di desa kami,” ujar seorang warga ke redaksi BeBASbaru. Tentu saja pertanyaan itu tak bisa kami jawab, karena soal pembentukan timsuk, ini merupakan kewenangan penuh para kandidat, sehingga pertanyaan itu ada baiknya ditujukan langsung ke yang bersangkutan. Pilkada Tabalong memang makin dekat, pendaftaran ke KPUD Tabalong pun tinggal 2,5 bulan lagi (8-10 Januari 2018), sampai kini hanya Partai Demokrat dan Partai Gerindra serta Partai Golkar yang secara langsung telah mengumumkan kandidat yang di usung, melalui Ketua DPD nya masing-masing. Yakni Rusian SE SH dan H Abidin, yang kompak menyatakan akan mengusung Wakil Bupati Tabalong, Dr H Zony Alfianoor sebagai kandidat Bupati di Pilkada Tabalong Tahun 2018 yang akan datang. DPD Partai Golkar Kalsel juga telah memberikan rekomendasinya kepada Drs H Anang Syakhfiani untuk berpasangan dengan Ketua DPD Golkar Tabalong, Drs H Mawardi. PPP dan Hanura yang kabarnya akan mengusung Hj Faridah Marlan sebagai Cabup nya, sampai kini masih belum ada kejelasan. Menurut seorang pengurus parpol di Tabalong, pergerakan parpol masih liar dan belum ada titik temunya. “Yang mendekati ada beberapa calon, baik itu melalui utusan ataupun melalui datang langsung. Namun kala bicara konsep dan visi misi, mereka semua hanya janji, kami tidak kenyang dengan janji, kami perlu riil, jadi belum ada yang positif,” ucap pengurus parpol tersebut sambil tertawa. Dari beberapa Calon Bupati yang kelihatannya cukup serius maju hanya 3 nama, yakni Anang Syakhfiani, Zony Alfianoor, Noorhasani. Lucunya untuk Cawabup, selain dua politisi Partai Golkar Tabalong, yakni Mawardi dan Jurni, belum ada satupun nama yang mencuat ke permukaan. Memang ada beberapa nama yang di sebut-sebut berpeluang maju, yakni Arifin Noor (mantan Cabup 2018), Winarto (mantan Anggota DPRD Tabalong dan Muhlis (mantan Wabup Tabalong). Tapi sampai berita ini naik cetak, belum ada satupun yang menyatakan secara terbuka akan serius maju mendampingi nama-nama tersebut. “Biasalah, kalau calon Wabup biasanya mirip wanita, nunggu di lamar, baru beraksi,” ungkap seorang Ketua parpol di Tabalong yang ogah disebutkan namanya sambil tertawa lepas.

Calon Petahana Potensi Dikalahkan..!

Anang Syakhfiani resmi didukung Partai Golkar

Hasil survey yang dilakukan JSI Area Kalimantan yang dilakukan Dirham Zain pada 11-19 Agustus 2017 lalu tak main-main. Menurut mantan penasehat politik mantan Gubernur Kalsel (Alm) HM Scjahriel Darham ini, ada sekitar 71% pemilih di Tabalong belum menentukan sikapnya terkait Pilkada di Tabalong. “Artinya, angka ini sangat banyak dan cukup liar, mereka masih menunggu perkembangan politik di daerah ini. Kalau sampai tingkat kepuasan di bawah 50% terhadap incumbent, maka potensi kalah sangat besar. Berkaca pada hasil survey di Kabupaten Batola, di mana tingkat kepuasan warga lebih dari 61%, maka langkah istri H Hasanuddin Murad, yakni Hj Noormilyani Murad sangat mudah dan terbukti mampu menang di sana,” ungkap Dirham Zain. Survey terhadap 450 respoden, dengan tingkat margin of eror 3,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar (validitas) 95%. Dirham menambahkan, hampir 43% responden menyatakan tak puas dengan kinerja Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani Msi. Sehingga kalau nanti Anang maju kembali bertarung untuk memperebutkan jabatan Bupati Tabalong, maka peluang menang kandidat lain sama besarnya dengan Anang. “Mengejutkan, tak ada yang favorit dalam pilkada Tabalong kali ini,” ucap Dirham Zain yang dikutip BêBASbaru dari www.jejakrekam.com. Lucunya lanjut Dirham Zain, pengaruh politik uang dan juga isu putra daerah hanya kurang dari 15% saja, namun tingginya swing voter bisa saja ikut berpengaruh terhadap politik uang. Karena rata-rata pemilih yang 71% tadi masih wait n see dan hanya melihat perkembangan saja kedepannya. Soal kepopuleran, Dirham mengatakan, Anang masih nomor satu, diikuti Zony Alfianoor, lalu H Noorhasani dan Arifin Noor. “Tapi itu bisa dimaklumin, karena semua kandidat belum ada yang secara masif bergerak untuk meraih simpati warga Tabalong. Kalau sudah masif gerakannya, saya yakin hasilnya akan berbeda dan peluang petahana kalah dari kandidat non petahana masih terbuka lebar,” jelas Dirham Zain. Belajar dari survey yang dilakukan terhadap incumbent Rahman Ramsy pada Tahun 2008 silam, kala yang bersangkutan ingin maju lagi. Tingkat kepuasan terhadap Rahman Ramsy mencapai angka mengejutkan, mencapai 90 persen lebih. Lucunya kala dipasangkan dengan Ketua DPRD saat itu, yakni H Muhlis SH, tingkat keterpilihan Rahman turun jadi 49%, namun saat itu pesaing Rahman-Muhlis juga sangat rendah, kurang dari 20% saja, sehingga hasil akhir sudah bisa ditebak, Rahman Ramsy menang telak atas lawan-lawannya. Berbeda dengan Pilkada Tahun 2013 silam, isu putera daerah waktu itu sangat memegang peranan, Anang selalu kalah di hasil survey dari Arifin dan juga Muhlis. Perubahan radikal dan mendadak adalah 10 hari menjelang pencoblosan, saat itu memang lagi ‘laku-lakunya’ jualan isu putera daerah, namun yang akan datang, berdasarkan hasil survey, isu putera daerah hanya 15% saja lagi, sisanya yang dinilai pemilih adalah pembawaan dan juga jualan apa yang akan dilakukan kandidat ke pemilih kelak pada saat kampanye. ê

Berita ini sudah dilihat 98 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 250
  • Page views today : 273
  • Total visitors : 547,338
  • Total page view: 1,132,721