Connect with us
Update Now

Politik

Pilgub Kalsel: Tak Puas dengan Bawaslu, Haji Denny Siapkan Langkah Hukum Maksimal

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 255,801 kali

Haji Denny perlihatkan sembako pemberian dari Paslon Birinmu yang di duga sebagai money politik ke warga Kalsel (dok, kanal kalimantan)

BêBASbaru.com, POLITIK – Pilgub Kalsel yang kini tinggal 1 bulan lagi bukannya panas di lapangan, justru panasnya di Bawaslu Kalsel. Sebab sebagai pengawas dan juga penindak dugaan pelanggaran kampanye, lembaga ini diminta harus tegas dengan UU. Sementara laporan-laporan sebelumnya setelah di tindak lanjuti, selau dibilang tidak ada pelanggaran, ini lah yang jadi sorotan.

 

Salah satu calon Gubernur Kalsel, Denny Indrayana atau H. Denny beserta rombongan mendatangi kantor Bawaslu Kalimantan Selatan di Jalan RE. Martadinata No. 03 Banjarmasin, Minggu (8/11) sore. Haji Denny didampingi kuasa hukum datang ke Bawaslu untuk melakukan klarifikasi terkait laporan pelanggaran yang dilakukan oleh Sahbirin Noor atau Paman Birin sebagai calon gubernur pertahana.

 

Di hadapan wartawan, Denny menyampaikan terkait pelanggaran yang dilakukan oleh Paman Birin, salah satunya tentang tagline “Bergerak” yang terpampang dalam berbagai kegiatan dan fasilitas sehingga menjadi alat peraga kampanye yang terselubung, terstruktur, dan masif sejak dua tahun yang lalu dengan APBD provinsi.

 

Menurut Denny, hal ini dalam komunikasi politik sangat efektif dalam sosialisasi bersangkutan sehingga jangan dianggap enteng. Terselubung, terstruktur, dan masif. “Saya serahkan masyarakat untuk menilai. Apakah itu fair bagian dari kampanye terselubung yang menggunakan anggaran provinsi sejak lama yang akhirnya menjadi tagline pasangan nomor 1” , kata Haji Denny

 

Hal lain yang dipermasalahkan adalah pembagian bantuan sosial. Padahal Bawaslu RI sudah mewanti-wanti, adanya potensi bantuan yang dimanfaatkan incumbent itu keliru dan harus didiskualifikasi sanksinya. “Ada potensi penyalahgunaan, kami dengan sangat nyata bisa membuktikan ada bantuan yang didalamnya ada citra diri paslon lain, ” Terangnya.

 

Ia mengatakan, ada banyak saksi, bukti, bahkan video yang disiapkan bagian dari bukti laporan. Haji Denny mengatakan, optimismenya bahwa kali ini Bawaslu akan mengegolkan laporannya yang bisa berdampak pada diskualifikasi pencalonan paslon.

 

Sebab apa yang dilaporkan tidak hanya satu kasus saja, tapi ada 107 bukti pelanggaran meliputi lebih tujuh pelanggaran yang terstruktur, sistematis, dan masif (TSM). Dengan banyaknya yang dilaporkan, ini membuktikan bahwa pegiat anti korupsi ini tidak main-main. Termasuk mematahkan isu calon bayangan yang sebelumnya dihembuskan.

 

“Dengan berbagai fakta nyata pelanggaran ini, kalau kemudian kembali dibatalkan oleh Bawaslu tinggal masyarakat menilai, dimana letak tidak terbuktinya, ” terangnya. Ia menegaskan akan menempuh berbagai cara, termasuk menggunakan Pasal 135 a, yang memungkinkan Bawaslu RI untuk mensupervisi. “Saya akan gunakan semua jalur yang memungkinkan secara hukum, untuk menunjukkan pemilu yang jujur dan adil, bersih secara hukum.

 

Kami menyambut sidang terbuka oleh Bawaslu secara publik, sehingga bisa dilihat khalayak ramai,” Katanya. Terkait hasil kajian Bawaslu sebelumnya, Haji Denny menyebut sebagai salah kamar. Ini bukan pidana, tapi pelanggaran administrasi. “Karena itu apakah penegakan hukum kita sudah adil? Apakah menggambarkan keadilan di masyarakat? Saya rasa tidak, tak jarang putusan hukum berjarak dengan kebenaran di masyarakat. Biasanya yang lebih berkuasa dan punya pengaruh yang diuntungkan, ” ungkapnya.

 

Sementara itu, menurut Azhar Ridhani, Koordinator Divisi Pelanggaran Bawaslu Kalsel mengatakan bahwa akan diadakan sidang pendahuluan terkait laporan yang disampaikan oleh H. Denny Selasa (10/11/2020) atau Rabu (11/11/2020). ” Selasa atau Rabu, cuma kami mengagendakan Selasa”, katanya.

 

Sumber: kanalkalimantan.com dan berbagai sumber (dengan judul: Kembali Datangi Bawaslu, Haji Denny Siapkan Langkah Hukum Maksimal Terkait Laporan Dugaan Pelanggaran Pilkada)

Berita ini sudah dilihat 617 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 4
  • Page views today : 4
  • Total visitors : 547,772
  • Total page view: 1,133,217