Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Pilgub Kalsel: KPUD Tala Ingatkan Pemilih Siapkan Perlengkapan Prokes Mandiri

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 456,529 kali

Ilustrasi, APD korona menjadi syarat mutlak saat Pilkada nanti, khususnya bagi petugas pemilu (dok, bisnis,tempo)

BêBASbaru.com, TANAH LAUT – Pemilihan gubernur/wakil gubernur (pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel) 9 Desember 2020 kian dekat. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tanahlaut (Tala) pun juga kian sibuk.

Sepekan terakhir mereka sibuk melaksanakan sosialisasi pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi surat suara (tungsura) dengan protokol kesehatan (prokes) covid-19. “Kamis kemarin kami sosialisasi Tungsura kepada stakeholder, Pemkab Tala, Polres, Kodim, Kejari, PN, Kesbangpol, dan Tim paslon 1 dan 2,” papar Ketua KPUD Tala Arif Mukhyar, Minggu (29/11/2020).

Lalu, lanjut Arif, sehari berikutnya pihaknya kembali melaksanakan simulasi Tungsura di TPS (tempat pemungutan bsuara) bersama Polres Tanahlaut. Ia mengingatkan kepada para stakeholder dan masyarakat pada pelaksanaan pilgub nanti ada perbedaan dibanding pemilu sebelumnya.

Ada aturan tambahan sebagai penyesuaian prokes yang akan diberlakukan. Ada kewajiban penggunaan masker dan mencuci tangan bagi masyarakat (pemilih) dan panitia. Tata cara pemungutan dan penghitungan, posisi saksi dan panwas, hingga teknis pemilihan (pencoblosan) diatur menyesuaikan prokes covid-19. Seluruh masyarakat diimbau mempersiapkan diri sebelum 9 Desember nanti agar hak pilih dapat disalurkan sesuai hati nurani.

“Jangan lupa bermasker, siapkan hand sanitizer serta bolpoin (pulpen) secara mandiri untuk menghindari pemakaian alat tulis bersama. Hal demikian guna menghindarkan diri dari kemungkinan terpapar covid-19,” sebut Mukhyar.

Ia mengatakan bolpoin berfungsi untuk tanda tangan mengisi daftar hadir di TPS. Sedangkan pencoblosan tetap menggunakan paku yang telah disiapkan. Sebelumnya, petugas di TPS akan memberi sarung tangan.

Bagi pemilih yang lupa bermasker, Mukhyar mengatakan pihaknya menyediakan. “Termasuk bagi yang mengenakan masker bergambar paslon akan kami minta dilepas dan diganti dengan masker yang kami siapkan,” jelas Mukhyar.

Lebih lanjut ia menuturkan kelengkapan Badan AdHoc KPU seperti PPK, PPS, dan KPPS dipastikan siap sebagai pelaksana teknis disetiap wilayah.  Logistik pun sudah terkumpul di KPU dan siap untuk didistribusikan. Selain kelengkapan peralatan pemilihan, ribuan APD juga siap didistribusikan sebagai upaya perlindungan kepada para panitia di lapangan.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Pilgub Kian Dekat, KPUD Tala Ingatkan Pemilih Siapkan Perlengkapan Prokes Mandiri)

Berita ini sudah dilihat 276 kali