Connect with us
Update Now

Politik

Pilbup Balangan: Hampir Pasti Jadi Bupati-Wabup Baru, Paslon Abdul Hadi-Supiani Lewati Jalan Berliku

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 456,507 kali

Balangan dipastikan mempunyai pemimpin baru periode 2021-2026, yakni Abdul Hadi-Supiani, setelah hasil hitung cepat mereak unggul mutlak atas paslon petahana Anshar-Iswan (dok, teras7)

BêBASbaru.com, POLITIK – Pasangan Calon Bupati Balangan nomor urut 1, Abdul Hadi- Supiani unggul sementara pada Pilkada 2020 di Kabupaten Balangan. Nama keduanya lantas semakin mencuat ke publik dan menjadi perbincangan pada ranah politik.

Terlebih, Abdul Hadi dikenal sebagai sosok politikus yang telah lama berkecimpung di Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia merupakan Ketua DPC PPP Kabupaten Balangan masa periode 2017 hingga sekarang. Bahkan sebelumnya, ia juga menduduki jabatan yang sama.

Sebelum masa pencalonannya pada Pilkada 2020 ini,  Abdul Hadi menduduki kursi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Balangan. Ia juga berperan pada beberapa organisasi masyarakat.  Pada tahun 2014 hingga 2019, ia juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Balangan.

Kemudian terpilih lagi sebagai Anggota DPRD Balangan pada pencalonan berikutnya. Nampaknya, tak diragukan lagi kiprah Abdul Hadi dalam dunia politik di kabupaten berjuluk Bumi Sanggam tersebut.

Lelaki kelahiran, Halong, 3 Juni 1971 ini memiliki seorang istri yang selalu mendampingi dirinya, yakni Sri Huryati. Pada pernikahan tersebut, Abdul Hadi dikaruniai tiga orang anak. Pada tahun 2001 sampai 2003, Abdul Hadi dikenal sebagai kontraktor pada perusahaan. Ia bahkan pernah menjabat sebagai direktur pada CV Bisa Persada Nusa tahun 2007 sampai 2009.

Sementara riwayat pendidikan Abdul Hadi pada SD,  ia bersekolah di SDN Pancasila Kecamatan Halong, kemudian melanjutkan sekolah ke MTSN Amuntai dan PGAN Amuntai.  Diketahui pula, Abdul Hadi merupakan lulusan strata 1 pada IAIN Antasari dan mengambil pendidikan S2 di Uniska Banjarmasin pada tahun 2010.

Pasangan Calon Wakil Bupati yang mendampinginya yakni Supiani dikenal sebagai sosok yang tak kalah eksis pada bidang pemerintahan. Sebelum mencalon, Supiani telah merelakan jabatannya sebagai Kepala Kesbangpol Balangan. Ya, ia memilih untuk pensiun dini pada sisa masa jabatan tersebut.

Supiani berkecimpung pada dunia politik melalui partai PDIP yang mengusung dirinya sebagai Calon Wakil Bupati Balangan untuk mendampingi Abdul Hadi. Supiani yang merupakan mantan birokrat murni penuh pengalaman ini, lahir di Birayang, 26 Oktober 1960.

Tinggal dan besar di tempat asal kelahirannya hingga menyelesaikan pendidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) pada tahun 1981.

Ia kemudian memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN), yang diselesaikan pada tahun 1986 dengan gelar D3. Berlanjut ke Jenjang S1 di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bina Banua Banjarmasin selesai pada tahun 1997. Supiani juga mengenyam pendidikan Magister (S2) di Universitas Brawijaya Malang.

Hj Megawati Ulfah ialah pendamping hidup Supiani.  Ia menikahi perempuan tersebut pada tahun 1984 dan dikaruniai dua orang anak.  Rizki Rahman merupakan anak laki-laki dari Supiani dan Megawati yang saat ini berstatus sebagai seorang ASN di Pemerintah Kabupaten Balangan, sedangkan adiknya Widya Ramadhaniati, berprofesi sebagai seorang Dokter dan sedang menempuh Pendidikan spesialis.

Pengalaman H Supiani dalam dunia birokrat tidak di ragukan lagi. Dia bahkan sudah mengabdi di Kabupaten Balangan, semenjak daerah ini masih menjadi bagian dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Supiani memulai karir menduduki jabatan dari Sekretaris Camat Paringin tahun 1995 sampai 1999, lalu menjadi Camat Paringin tahun 2001, Sekda Balangan pada tahun 2006.

Pada tahun 2009, ia menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial, kemudian menjabat sebagai Kepala BKD tahun 2011. Bahkan Supiani sempat menduduki kursi Sekda pada tahun 2016. Berlanjut menjadi Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman 2017 serta Kepala Kesbangpol di tahun 2019 sampai pensiun.

Tentunya dengan segudang pengalaman yang dimilikinya, keinginan H Supiani untuk membawa Kabupaten Balangan menjadi lebih maju bukanlah hanya isapan jempol semata. Kedua pejabat pemerintahan ini memiliki kelebihan masing-masing dan saling bekerjasama untuk Kabupaten Balangan lebih baik.

Sebagaimana pula jargon keduanya dalam pencalonan yakni Harmonis, Amanah dan Sederhana.  Pada proses hitung cepat yang dilakukan oleh Tim HAS dan KPU Balangan, pasangan Abdul Hadi – Supiani menduduki perolehan suara lebih banyak.

Dari persentase perhitungan yang disampaikan oleh KPU Balangan, hasil hitung sementara pada 258 TPS dari total 333 TPS, pasangan Abdul Hadi – Supiani berada pada posisi unggul.  Perolehan suara sementara sebanyak 61,67 persen atau 38.736 suara.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Unggul Sementara di Pilkada Balangan 2020, Abdul Hadi-Supiani, Politikus dan Birokrat Berpengalaman)

Berita ini sudah dilihat 284 kali