Connect with us
Update Now

Politik

Petahana Ikut Pilkada Kotabaru-Banjarbaru, Seharipun Tak Boleh Kosong Pemprov Kalsel Terpaksa Siapkan Pelaksana Harian

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 112,614 kali

Kabupaten Kotabaru baik Bupati dan wakil nya sama-sama maju hingga kosong (dok, borneonews.com)

BêBASbaru.com, POLITIK – Dari 7 Kabupaten/Kota yang ikut pilkada serentak, ada dua yang tak memiliki Plt, karena ikut kembali mencalonkan diri. Yakni Kotabaru dan Banjarbaru, hingga sampai penetapan nomor urut pasangan calon pada tahapan Pilkada Kalsel 2020, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) masih belum keluarkan nama penjabat daerah yang akan ditempatkan di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Kotabaru.

Diketahui, kepala daerah untuk Kota Banjarbaru kosong. Karena, Wakil Wali Kota definitif, Darmawan Jaya Setiawan, maju di Pilkada Banjarbaru 2020. Sedangkan Wali Kota definitif, Nadjmi Adhani, telah wafat.

Begitupula Kabupaten Kotabaru, kosong kepala daerahnya. Karena, baik bupati ataupun wakil bupati, sama-sama maju dalam PIlkada Kotabaru 2020.

Kabag Otonomi Daerah (Otda) Biro Pemerintahan dan Otda Setdaprov Kalsel, Wira Yudha Perdana, menjelaskan pihaknya juga mengantisipasi.

Jika Kemendagri hingga detik masa kampanye nanti belum juga mengeluarkan atau mengumumkan nama, maka pemprov menyiapkan Pelaksana Harian (Plh).

“Satu hari saja, jabatan kepala daerah tidak boleh terjadi kekosongan. Kami masih menunggu surat dari Kemendagri. Kami berharap, Jumat 25 September 2020, suratnya sudah keluar. Jika tidak keluar, maka terpaksa alternatif kedua, yakni dengan menyiapkan Plh,” kata Wira Yudha Perdana.

Pihak Pemprov Kalsel sudah dijelaskan bahwa telah mengajukan calon Pjs ke Kemendagri sejak 2 minggu yang lalu.

“Dari pemprov sudah mengajukan enam nama, nanti kita tunggu saja pengumumanya,” tandasnya. Ditambahkan Yudha, hal ini terjadi bukan hanya di Kalsel , tapi di seluruh Indonesia.

Terdapat antara 130 hingga 170 daerah yang terjadi kekosongan pimpinan dan mengajukan Pjs ke Kemendagri. Kondisnya sama, surat persetujuan belum keluar.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Dua Kepala Daerah Kosong, Pemprov Kalsel Terpaksa Siapkan Pelaksana Harian)

Berita ini sudah dilihat 102 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 54
  • Page views today : 57
  • Total visitors : 530,010
  • Total page view: 1,113,576