Connect with us
Update Now

Banjarmasin

Pertama di Kalsel Kompleks di Banjarmasin Bebas Rokok, Bila Ngeyel Bakal Didenda Beras

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 245,959 kali

Kompleks H Idris di Sultan Adam kini bebas rokok (dok, tribunnews.com)

BêBASbaru.com, BANJARMASIN – Kurang lebih tiga tahun ini, warga Kompleks H Idris Jalan Sultan Adam Rt 13 Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara membuat peraturan dilarang merokok di dalam rumah.

Dan bagi warga yang ngotot merokok di dalam rumah, akan diganjar denda berupa satu liter beras yang akan digunakan untuk kegiatan posyandu. Warga di Kompleks H Idris rupanya cukup menyadari peraturan yang dibuat atas kesepakatan bersama tersebut, sehingga tidak banyak yang disanksi denda berupa beras ini.

Namun, pernah ada warga yang ketahuan merokok di dalam rumahnya sendiri dan dilaporkan langsung oleh istrinya. “Ada istri warga yang melaporkan suaminya merokok di dalam rumah, akhirnya membayar denda berupa beras,” kata Sekretaris Rt 13 Komplek H Idris, Muslim.

Meskipun demikian, toleransi masih diberikan bagi warga kompleks yang ingin melakukan aktivitas merokok misalnya di halaman rumahnya. “Kalau merokok di luar rumah tidak apa, yang penting jangan di dalam rumah,” kata Sekretaris Rt 13 Kompleks H Idris, Muslim.

Tidak hanya boleh merokok di depan rumah, warga yang ingin merokok bisa melakukannya di depan kompleks yang dijadikan sebagai tempat untuk area merokok. “Kami menyiapkan tempat untuk merokok dinamakan Pondok Merokok,” kata Muslim.

Dan untuk mendorong warga tidak merokok di dalam rumah, Muslim menerangkan di setiap rumah warga diberi tempat semacam asbak. “Di setiap rumah kami taruh kaleng susu bekas untuk merokok di depan rumah,” tutupnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Warga Kompleks H Idris Banjarmasin Didenda Beras Setelah Dilaporkan Istrinya Merokok dalam Rumah)

Berita ini sudah dilihat 132 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 277
  • Page views today : 320
  • Total visitors : 546,990
  • Total page view: 1,132,332