Connect with us
Update Now

Banjarmasin

Perayaan Natal dan Tahun Baru Ditiadakan, Bila Keluyuran Lewat Pukul 22.00 Bakal Ditindak

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 424,117 kali

Perayaan Natal dan tahun 2021 di larang, bila bandel akan di tindak! (dok, tribunnews.com)

BệBASbaru.com, BANJARMASIN – Selama libur Natal dan tahun baru (nataru), Pemko Banjarmasin akan membatasi aktivitas warga di luar rumah. Hanya sampai jam 10 malam saja.

“Contoh rumah makan, boleh buka, tapi sampai pukul 22.00 Wita. Berlaku dari malam pergantian tahun sampai 3 Januari,” kata Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Ketentuan itu dibuat dalam rapat bersama Satgas COVID-19 Banjarmasin di Balai Kota, Rabu (16/12) sore. Sama halnya dengan hotel-hotel berbintang. Silakan menerima tamu yang hendak menginap. Tapi jangan menggelar perayaan tahun baru yang bisa mengundang kerumunan.

Jam malam ini harus didukung. Mengingat sudah dua kelurahan yang kembali masuk ke zona merah. Yakni Kelurahan Pemurus Dalam di Banjarmasin Selatan dan Kelurahan Pelambuan di Banjarmasin Barat.

“Sekarang yang perlu diantisipasi bukan hanya dua kelurahan yang memerah saja. Zona kuning yang rentan menjadi zona merah juga harus menjadi perhatian,” tegas Ibnu.

Dari 52 kelurahan di Banjarmasin, dari data Dinas Kesehatan Banjarmasin per tanggal 13 Desember, ada 21 zona kuning.

Maka, untuk menekan meluasnya penularan virus corona, pergerakan masyarakat harus dibatasi. Artinya, lewat jam 10 malam, warga tak boleh lagi berkeluyuran di jalan. Terutama untuk perkara yang tidak penting.

Urusan pengawasan, Satpol PP akan dibantu Dinas Perhubungan, Babinsa TNI, dan Bhabinkamtibmas Polri. Apalagi, pada masa liburan, penerapan protokol diprediksi bakal melonggar. Maka Ibnu berharap, masyarakat bisa memahami kekhawatiran ini. Menahan diri demi keselamatan semua.

“Dari pada nanti malah menjadi sumber penularan baru,” tambah Ibnu.

Sebagai instrumen, Perwali Nomor 68 Tahun 2020 akan kembali dipakai. Di sana, sudah jelas, pelanggar protokol bisa disidang. Dihukum kerja sosial atau denda.

Jadi, operasi yustisi belum dibubarkan. “Dengan anggaran yang tersisa, kami akan berkoordinasi, menegakkan kembali Perwali 68. Karena laporan sementara, masyarakat mulai longgar lagi terkait protokol,” tutupnya.

Diwartakan sebelumnya, malam perayaan tahun 2021 kebetulan berbarengan dengan Kamis malam. Sesuai Perda Nomor 19 Tahun 2011 tentang Usaha Hiburan dan Rekreasi, maka semua THM diwajibkan libur. Baik diskotek, pub, karaoke dan sejenisnya.

“Malam baru tahun ini, kebetulan bertepatan dengan malam Jumat. Maka kami meminta agar tempat hiburan malam agar tidak beroperasi,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarmasin, Ikhsan Alhak.

Sumber: kalsel.prokal.co dan berbagai sumber (dengan judul: Natal dan Tahun Baru Terapkan Jam Malam, Keluyuran Lewat Pukul 22.00 Bakal Ditindak)

Berita ini sudah dilihat 196 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA