Connect with us
Update Now

Balangan

Pengunjung yang Injak Pagar Tempat Sakral, Pendakian ke Gunung Hauk di Balangan Sementara Ditutup

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 253,562 kali

Balangan teryata tak kalah dengan alam pegunungan di Jawa Barat, seperti wisata Gunung Hauk, yang memiliki pesona pegunungan yang indah, sayangnya ada pengunjung yang tak menghormati tempat tertentu ini (dok, tribunnews.com)

BêBASbaru.com, BALANGAN – Puncak Gunung Hauk dengan ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut (mdpl), menjadi objek wisata alam. Belakangan, tempat ini juga sempat ditutup karena pandemi Covid-19.

Namun rupanya, pada masa penutupan tempat yang berada di wilayah Desa Ajung, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan itu, ada saja yang berkunjung. Terlebih Gunung Hauk merupakan satu di antara sekian puncak di Kabupaten Balangan yang cukup tinggi.

Foto yang beredar di Whatsapp, yakni seseorang menaiki pagar tempat sakral di Puncak Gunung Hauk. Bagi warga setempat, kawasan yang dimaksud merupakan tempat suci. “Warga setempat sudah sepakat untuk menutup sementara jalur pendakian. Kami juga akan membicarakan permasalahan ini dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan,” ucap Aliudar, Minggu (25/10/2020).

Puncak Gunung Hauk sebutnya merupakan kawasan sakral atau suci bagi warga setempat. Ia akui, pegunungan itu memanglah tempat wisata alam. Namun ada baiknya dijadikan sebagai tempat wisata religi karena adanya tempat yang dianggap suci pada puncak gunung.

Selain itu, beberapa waktu lalu, sebut Aliudar, sudah ada kesepakatan perihal posisi atau jenis hutan di kawasan Gunung Hauk, baik itu hutan adat maupun kawasan hutan lindung. Di Desa Ajung yang merupakan pintu masuk utama pendakian Gunung Hauk, sudah ada pemberitahuan untuk penutupan tempat wisata. Sebagaimana diketahui, perjalanan menuju puncak Gunung Hauk diperlukan waktu sekitar empat jam. Sebelum pandemi Covid-19, tempat ini menjadi satu tujuan bagi para pecinta alam. Tentunya atas sepengetahuan warga setempat.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Ada yang Injak Pagar Tempat Sakral, Pendakian ke Gunung Hauk Balangan Sementara Ditutup)

Berita ini sudah dilihat 272 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 74
  • Page views today : 90
  • Total visitors : 547,549
  • Total page view: 1,132,957