Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Utara

Pemkab HSU Gratiskan Tes Swab, Warga Cukup Bawa KTP

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 457,912 kali

Tes Swab di HSU digratiskan Pemkab (dok, tabloidskandal.com)

BệBASbaru.com, HULU SUNGAI UTARA – Pekan Swab RT PCR digelar Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan. Kesempatan tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan untuk membantu memutus mata rantai penyebaran Covid 19 ini, dilaksanakan selama empat hari.

Dikatakan Plt Kepala Dinkes HSU, Danu F Fotohena, hari pertama kegiatan berjalan lancar. Selain masyarakat umum,  kegiatan ini juga untuk pegawai dan juga orang yang kontak dengan suspek. Kegiatan yag dilaksanakan sejak 2 hingga 31 Desember ini bisa langsung diketahui hasilnya paling lama 2×24 jam. Dan, langsung dilakukan penanganan jika ada warga yang hasilnya positif Covid-19.

“Warga juga diharapkan bisa menginformasikan program ini kepada lebih banyak orang, terlebih bagi yang memiliki riwayat perjalanan serta berhubungan langsung dengan suspek,” ujarnya. Di setiap kecamatan ada daftar suspek yang didata oleh puskesmas dan juga ikut melakukan pengecekan.

Dalam kegiatan ini juga diberlakukan Protokol Kesehatan dengan ketat. Jadi, meskipun mengumpulkan banyak orang, namun mematuhi protokol dengan wajib menggunakan masker, cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer serta menjaga jarak.

Warga yang ingin mengikuti program ini bisa langsung datang ke Kantor Dinkes HSU di Kelurahan Sungai Malang, Kecamatan Amuntai Tengah, dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Seorang warga setempat, Rina, mengatakan,  melakukan pemeriksaan Tes Swab karena baru saja melakukan perjalanan ke Banjarmasin. Mengetahui adanya pengecekan gratis, maka langsung mengikuti.

“Ini bagian dari usaha setelah melakukan Protokol Kesehatan saat bepergian,  melakukan pengecekan. Karena ke luar daerah untuk urusan pekerjaan, sehingga sulit untuk tidak dilakukan. Sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini, hasilnya akan diberitahukan oleh petugas nanti,” ujarnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Warga Kabupaten HSU Hanya Perlu Bawa KTP untuk Gratis Tes Swab)

Berita ini sudah dilihat 138 kali