Connect with us
Update Now

Politik

Paslon Masih Gunakan Kampanye Terbatas di Pilkada Balangan 2020

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 112,277 kali

Paslon di Balangan masih kampanye terbatas (dok, antaranews.com)

BêBASbaru.com, BALANGAN – Pada tahapan kampanye pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Balangan Pilkada 2020 ini, belum ada laporan jadwal kampanye dari masing-masing calon.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Balangan, Saripani,  Selasa (13/10/2020). “Kami juga menunggu pemberitahuan untuk jadwal kampanye. Tapi sejauh ini belum ada yang masuk,” ucap Saripani.

Baik pasangan nomor urut satu, Abdul Hadi dan Supiani (HAS)  serta nomor urut dua, Ansharuddin – Iswan (ANIS)  belum menginformasikan jadwal kampanye terbuka mereka. Apalagi di tengah pandemi saat ini dibatasi oleh aturan protokol kesehatan yang berlaku.

Keterbatasan peserta kampanye menjadi aturan penting dalam penyelenggaraannya. Selain itu tim juga harus menyediakan tempat cuci tangan dan aturan menjaga jarak. Saripani menerangkan, pada pelaksanaan kampanye terbuka, masing-masing calon juga harus memberikan surat pemberitahuan atau mendapatkan surat izin dari pihak kepolisian.

Nantinya, berkas tersebut akan ditembuskan ke KPU Balangan dan Bawaslu Balangan. Sementara mekanisme untuk mendapatkan surat yang dimaksud yakni Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP), bisa didapat dari pihak kepolisian.

Sebagaimana disampaikan oleh Kasubag Humas Polres Balangan, AKP Siswanto, persyaratan STTP Kampanye berdasarkan PP nomor 60 tahun 2017 tentang tata cara perizinan dan pengawasan kegiatan keramaian umum, kegiatan masyarakat lainnya dan pemberitahuan kegiatan politik.

Selain itu juga berdasarkan Perkap nomor 6 tahun 2012 tentang tata cara pemberitahuan dan penertiban STTP kampanye pemilihan umum. Surat pemberitahuan kampanye memuat materi perihal nama calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Selain itu ada nama penanggung jawab atau ketua tim kampanye.

Pemberitahuan bentuk kampanye juga diinformasikan dalam STTP. Tak kalah penting ialah waktu dan tempat serta pemandu acara dan identitas juru kampanye. Jumlah peserta juga diinformasikan begitu pula perkiraan kendaraan atau angkutan peserta kampanye. Serta informasi alat peraga kampanye yang digunakan. Ditambah pula sejumlah lampiran yang dibutuhkan.

Penyelenggaraan kampanye mengajukan permohonan secara tertulis paling lambat tujuh hari kerja sebelum pelaksanaan kampanye. Sementara apabila ada perubahan, wajib diberitahukan tiga hari sebelum kegiatan.

Hal paling penting yang menjadi persyaratan STTP ialah rekomendasi dari GTPP Covid 19 Kabupaten Balangan. Serta batasan peserta yang maksimal 50 orang dan wajib menyiapkan fasilitas pencegahan Covid 19.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Pilkada Balangan 2020, Paslon Belum Laporkan Jadwal Kampanye Terbuka)

Berita ini sudah dilihat 111 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 8
  • Page views today : 8
  • Total visitors : 529,964
  • Total page view: 1,113,527