Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Utara

Pasar Ikan ‘Kegemaran Pejabat Kalsel’ di Alabio, HSU Kembali Dibuka

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 253,477 kali

Bupati HSU Abdul Wahid, saat tinjau rehab Pasar Alabio (dok, Pemkab HSU)

BêBASbaru.com, HULU SUNGAI UTARA – Sentra pasar ikan kering di Alabio Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) belum lama ini dibuka kembai. Pasar yang dulunya sempat tak lagi difungsikan ini akhirnya kembali dipenuhi oleh pedagang ikan kering.

Pedagang menjual ikan kering dalam jumlah banyak, selain melayani untuk agen atau grosir juga menjual eceran. Pedagang menggunakan bangunan los pasar yang memang sudah ada sebelumnya. Isnaini Kepala UPT Pasar Wilayah I mengatakan, los pasar tersebut berada masih dalam lingkungan pasar Alabio.

Los pasar tersebut bertahun tahun tak digunakan, hingga pihaknya akhirnya mengumpulkan para pedagang dan menghidupkan kembali sentra ikan asin. “Los pasar ikan asin tidak hanya pedagang yang menjual dalam jumlah banyak, namun juga ada pedagang yang  menjual ikan asin buatan sendiri dari ikan sungai,” ujarnya.

Pasar ini buka setiap hari Rabu dan Minggu dari pukul 06.00 hingga pukul 12.00 Wita. Diharapkan dengan adanya sentra ikan asin ini pertumbuhan ekonomi warga berjalan lebih cepat. Dan menjadikan Alabio sebagai pusat sentra ikan asin.

Dan diharapkan pasar ini juga bisa bertahan dan membangkitkan aktivitas jual beli di Alabio. Dengan adanya pasar ini juga menjadi daya tarik dari daerah lain untuk membeli ikan asin dengan kualitas baik dan harga lebih terjangkau.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Pasar Sentra Ikan Asin Alabio Kabupaten HSU Kembali Dibuka, Layani Grosir dan Eceran)

Berita ini sudah dilihat 164 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 69
  • Page views today : 82
  • Total visitors : 547,544
  • Total page view: 1,132,949