Connect with us
Update Now

Politik

Parpol Kini Hanya ‘Tiket’ Hingga Paslon Independen Aulia-Mansyah Berjaya di HST

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 404,996 kali

Aulia pernah gagal di Pilbup HST saat bersama Alm Harun Nurasyd, kini dia bisa comeback dan sukses (dok, muhammad amin)

BệBASbaru.com, POLITIK – Sebagai politikus muda, yang pernah gagal melaju ke DPRD Kalsel pada Pemilu 2019 lalu, Aulia Oktaviandi malah mampu balikan prediksi semua kalangan. Dia sukses menjadi pemenang hasil hitung cepat Pilkada 9 Desember 2020, Hulu Sungai Tengah.

Hebatnya, dia sukses melaju bukan melalui partai politik, tapi melalui jalur Independen, padahal ayahnya Syaiful Rasyid yang juga mantan Bupati HST dua periode dan kini sebagai Anggota DPR RI, termasuk Aulia sendiri, justru kader Partai Gerindra.

Bagaimana ceritanya calon independen bisa mengalahkan koalisi partai politik? Itu terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Pasangan dari jalur perseorangan, Aulia Oktafiandi dan Mansyah Sabri, kini memimpin sementara untuk perolehan suara di Pilbup HST. Meraih 44,persen suara.

Pasangan calon nomor urut 3 ini mengalahkan kandidat dari jalur partai. Yakni paslon Saban-Abdillah dan Berry-Pahrijani. Masing-masing meraih 26,5 persen dan 7,8 persen suara. Masih dari jalur perseorangan, paslon Fakih-Yazid meraih 16,7 persen dan Tamzil-Ilham cuma meraih 4,5 persen suara.

Mengacu Sirekap KPU, Jumat (11/2) pukul 17.42 Wita, data yang masuk sudah 49,9 persen.  Hasil ini mengejutkan. Suara paslon Aulia-Mansyah sulit dikejar. Mesin partai yang sebelumnya diunggulkan, nyatanya bisa tumbang.

Ketika pertanyaan itu diajukan kepada pengamat politik Ani Cahyadi, dia menjawab, golput ikut berperan. “Ketika pemilihnya kurang dari 60 persen, calon independen diuntungkan. Karena swing voter cenderung menunggu, bahkan cenderung tak memilih. Ini merugikan calon-calon bermodal kuat,” jelas dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari itu.

Faktor lain, Aulia sudah punya pendukung tetap. Dalam istilahnya, politik dinasti di HST turut membantunya. Aulia adalah anak Syaiful Rasid. “Pak Rasid sebelumnya Bupati HST. Sekarang masih anggota DPR RI. Dia punya pendukung loyal di Batang Alai,” bebernya.

Kalau mesin parpol bisa kalah, Ani punya jawaban lebih tegas. “Parpol sekarang tak lebih sebagai ‘password’ untuk syarat pencalonan. Saya sudah bilang berkali-kali. Faktor ketokohan, tim sukses, dan sembako lah yang menentukan,” pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua KPU HST, Johransyah meminta semua pihak bersabar. Menunggu hasil perhitungan resmi KPU. “Data Sirekap bukan acuan. Bagaimana pun harus menunggu hasil pleno bertahap. Dari kecamatan, kabupaten, sampai provinsi,” tegasnya. Batas pleno itu adalah 20 Desember.

Sumber: prokal.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Terbantu Dinasti Politik, Aulia Kalahkan Usungan Parpol)

Berita ini sudah dilihat 228 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 29
  • Page views today : 33
  • Total visitors : 553,360
  • Total page view: 1,139,764