Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Pariwisata Alam Bergairah, Dinas Pariwisata Kalsel Gelar Bimtek untuk Pelaku Usaha Pariwisata di Tabalong

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 216,216 kali

Wisata alam yang dikelola warga mulai menarik wisatawan seperti di Desa Wayau, Kec. Tanjung ini (dok, bebasbaru.com)

BêBASbaru.com, TABALONG – Bimbingan teknis (Bimtek) standarisasi usaha akomodasi pariwisata digelar Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (24/10/2020) di Hotel Jelita Tanjung, Kabupaten Tabalong.

Kegiatan yang dibuka langsung Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, M Syarifudin dan dihadiri Kepala Disporapar Tabalong Akhmad Rizali Noor ini, diikuti 30 pelaku industri pariwisata yang ada di Kabupaten Tabalong.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, M Syarifudin, menyampaikan, dengan adanya bimtek ini diharapkan segi pelayanan pariwisata dapat lebih berkualitas. “Bimtek ini dalam hal pelayanan, apakah itu rumah makan, guest house, home stay dan hotel. Jadi bagaimana kita memberikan pelayanan yang prima kepada tamu sehingga nantinya orang merasa nyaman, betah dan akhirnya orang akan datang kembali karena layanan memuaskan,” jelasnya.

Dalam hal pelayanan, imbuhnya, pengelola harus bisa memenuhi standar pelayanan CHSE (Clean, Health, Safety dan Environment) atau standar kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan untuk usaha pariwisata.

“Nanti semua arahnya kesana. Jadi punya standar yang dimiliki mereka, apakah itu guide, pelayan di rumah makan, hotel dan sebagainya itu mengacu ke sana,” jelasnya. Khusus di Tabalong yang akan menjadi penyangga ibu kota negara baru, dirinya menilai tentu akan memberikan pengaruh banyak bagi usaha pariwisata yang ada.

Terlebih sektor pariwisata di Tabalong cukup banyak, tinggal bagaimana mengemas suatu destinasi itu menjadi suatu nilai yang lebih sehingga orang-orang lebih banyak lagi datang. Termasuk dalam peningkatan pelayanan, selain dari program promosi yang bisa diolah sebaik mungkin.

Sementara itu, Kabid Industri dan Kelembagaan Pariwisata Dinas Pariwisata Kalsel, Hj Jufrida Khairani, menyampaikan, materi yang disampaikan pada bimtek ini terkait arah kebijakan dari provinsi terkait pariwisata disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kalsel. Kemudian dari Dinkes Tabalong terkait higienitas dan hospitality point terkait pelayanan terhadap tamu secara detail.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Dinas Pariwisata Kalsel Gelar Bimtek untuk Pelaku Usaha Akomodasi Pariwisata di Tabalong)

Berita ini sudah dilihat 244 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 170
  • Page views today : 185
  • Total visitors : 544,081
  • Total page view: 1,129,079