Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Selatan

Pantau Kejahatan, Jalan di Daha Selatan Dipasangi Warga CCTV

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 103,132 kali

CCTV yang dipasang untuk identifikasi kejahatan (dok, Tabri-Bpost)

BêBASbaru.com, HULU SUNGAI SELATAN – Upaya menjaga keamanan lingkungan sekitar kampung dilakukan warga Jalan Satria, di Desa Tumbukan Banyu dan Desa Bayanan, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Selain melaksankaan ronda malam bersama, warga secara swadaya juga memasang CCTV di dua tiik jalan desa tersebut.

Tujuannya, selain antisipasi kejahatan dan membantu aparat kepolisian jika ada tindak kejahatan yang memerlukan alat bukti, juga untuk memantau situasi kampung jika terjadi kebakaran.

Fasilitas CCTV tersebut disediakan salah satu warga dengan menggunakan dana pribadi. Tabri, warga Desa Tumbukan Banyu, pemilik CCTV kepada Banjarmasin post.co.id, Minggu (27/9/2020) mengatakan, sudah satu tahun membantu memasang kamera di dua titik di jalan tersebut.

Tujuannya, agar masyarakat bisa mengawasi dan memantau aktivitas lalu lalang di jalan itu, karena lokasi jalan yang cukup ramai merupakan akses ke Pasar Nagara.

“Sebelum pasang kamera, saya terlebih dahulu koordinasi dengan masyarakat, termasuk dengan tokoh masyarakat. Alhamdulillah, disambut positif sebagai upaya bersama menjaga keamanan kampung,”ungkap Tabri.

Untuk admin pada CCTV itu, Tabri memisahkannya dengan milik umum dan milik pribadi di rumahnya, sehingga untuk umum, bisa dilihat oleh admin umum. Namun, untuk rekaman siaran ulang, hanya bisa diakses dia sendiri, dan baru bisa dipublikasi jika mendapat persetujuan tokoh masyarakat.

Rekaman CCTV ini, Juga bisa diberikan kepada pihak kepolisian untuk kepentingan penyelidikan atas tindak kejahatan.

Contohnya, kata Tabri beberapa waktu lalu ada kejadian warga dihipnotis. Saat itu di rekaman CCTV ada orang dengan gerak gerik mencurigakan.

“Kami sudah serahkan rekaman videonya ke Polsek Daha Selatan. Untuk selanjutnya, kami serahkan kepada kepolisian menindaklanjuti,”katanya. Tabri berharap, dengan adanya fasilitas tersebut, mendukung keamanan kampung Tumbukan Banyu maupun Bayanan.

Sementara itu, Ketua RT 01 Desa Tumbukan Banyu, Pindi mengatakan, adanya fasilitas CCTV sangat membantu masyarakat dalam upaya menjaga keamanan, tak hanya untuk pembuktian jika ada kejahatan. Tapi juga peristiwa lainnya, seperti kebakaran yang setiap musim kemarau rawan menimpa rumah penduduk.

“Untuk mencegah kebakaran itu pula, warga mengadakan ronda malam, sebagai antisipasi. Sedangkan CCTV bisa digunakan untuk memantau situasi kampung selama 24 jam,”kata Pindi.

Desa Tumbukan Banyu dan Desa Bayanan berada di pinggir jalan yang sama, yaitu Jalan Satria. Penduduk di kedua desa yang berdekatan itu cukup padat, dengan kondisi jalan cukup sempit.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Antisipasi Kejahatan, Warga Daha Selatan Kabupaten HSS Pasang CCTV di Jalan Desa)

Berita ini sudah dilihat 140 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 38
  • Page views today : 38
  • Total visitors : 528,642
  • Total page view: 1,112,084