Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Utara

Musim Hujan Ikan Asin Lokal Melimpah di Alabio Kabupaten HSU

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 413,409 kali

Ilustrasi, ikan asin asal Alabio, HSU menjamur di musim penghujan (dok, WP)

BệBASbaru.com, HULU SUNGAI UTARA – Pada saat penghujan, lahan rawa-rawa di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, dipenuhi air. Banyak petani yang kemudian menjadi nelayan. Hasil tangkapan, biasanya langsung dijual ke pasar subuh.

Namun karena banyak yang menjual, maka biasanya dibuat juga menjadi Ikan Asin. Ikan hasil tangkapan dibersihkan dan  diawetkan menggunakan garam, kemudian dikeringkan. Kecamatan Sungai Pandan, Kabupaten HSU, banyak warganya yang membuat olahan makanan ikan sungai. Selain ikan asin, juga  ikan yang diawetkan dengan garam atau biasa dikenal dengan iwak wadi.

Menurut Ahmad, pengelola Pasar Ikan Alabio, saat ini banyak warga yang menjual ikan asin olahan sendiri. Hal ini menjadi kebiasaan saat penghujan karena ikan sangat mudah didapat.

“Pasar ikan asin yang buka pada saat hari Rabu dan juga Minggu, bukan hanya dipenuhi oleh penjual ikan asin yang didapat dari daerah lain, namun juga olahan lokal, yaitu ikan asin dari ikan sungai,” ujarnya, seraya menambahkan harganya lebih terjangkau dan juga banyak dicari warga.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Saat Penghujan, Ikan Asin Lokal Mulai Banyak Dijual di Alabio Kabupaten HSU)

Berita ini sudah dilihat 108 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip