Connect with us
Update Now

Banjarbaru

Mulai Sabtu (26/09/2020) Besok, Rudy Resnawan Naik Pangkat Jadi Plt Gubernur Kalsel

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 131,502 kali

Pencabutan Nomor Pilgub Kalsel, Sahbirin-Muhidin Nomor. 1 dan Denny-Difriadi Nomor 2 (dok, WA)

BêBASbaru.com, BANJARBARU – Ketika sudah ditetapkan dan maju pada Pilkada dan memasuki jadwal Kampanye, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor harus meninggalkan sementara atribut sebagai gubernur Kalsel yang melekat.

Hal itu akan terhirung mulai Sabtu (26/9/2020) nanti hingga 71 hari kedepan. Hal itu Karena mengikuti tahapan kampanye pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020.

Kabag Otonomi Daerah (Otda) Biro Pemerintahan Setdaprov Kalsel, Wira Yudha Perdana, Kamis (24/9/2020) menjelaskan hal ini berlaku kepada  semua calon petahana yang bertarung pada pilkada tak terkecuali Sahbirin Noor.

Wagub Rudy Resnawan jadi Plt Gubernur Kalsel (dok, tribunnews.com)

 

“Ya semua atribut yang melekat semisal keprotokolan, rumah dinas, kendaraan, dan sebagainya sejak tanggal 26 sampai dengan 5 Desember, atau 71 hari,” lontar Wira Yudha Perdana.

Dijelaskan Yudha Perdana, untuk jabatan gubernur otomatis akan diambilalih sementara kepada Wakil Gubernur Kalsel, H. Rudy Resnawan sebagai Pelaksana tugas (Plt).

Wewenang wagub sebagai plt gubernur secara otomatis berlaku ketika gubernur definitif memasuki masa cuti.

“Penunjukan pak wagub sebagai plt tidak perlu surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), secara otomatis saja. Berbeda jika terjadi kekosongan dua kepala daerah cuti maka ditunjuk penjabat sementara (pjs) melalui surat kemendagri,” beber Yudha.

Surat izin cuti Sahbirin rupanya sudah keluar dari Kemendagri pada Selasa (22/9) tadi, surat izin cuti tersebut juga sudah disampaikan pemprov kepada KPU dan Bawaslu.

Paman Birin tidak lagi menempati kediaman dinas, otomatis terjadi kekosongan tempat di Mahligai Pancasila.

Karena saat kosong itu, Kepala Biro Umum Setdaprov Kalsel, M. Rusli, akan dimanfaatkan pihaknya untuk melakukan perawatan ringan seperti bersih-bersih dan demacamnya.

Diakui Rusli perawatan tersebut tidak termasuk renovasi, sebab perbaikan dalam bentuk skala besar sudah dilaksanakan sebelumnya.

“Ya nanti kalau kosong kami manfaatkan untuk bersih-bersih saja. Petugas kebersihanan dan asisten rumah tangg tetap berada di sana tetap menginap di sana,” tandas Rusli.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Lepas Atribut Gubernur, Sabtu Paman Birin Tinggalkan Rumah Dinas)

Berita ini sudah dilihat 180 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 269
  • Page views today : 300
  • Total visitors : 532,694
  • Total page view: 1,116,608