Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Miris…Tak Punya Biaya Berobat Ati Warga Pulau Ku’u, Tabalong 6 Bulan Menahan Sakit

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 465,907 kali

Ati yang mengalami pembengkakan di perut akibat tumor kesulitan berobat karena tak punya biaya (dok, klikalsel.com)

BệBASbaru.com, TABALONG – Nasib Ati (37) bikin miris hati. Gadis asal Desa Pulau Ku’u Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong ini hanya dapat terbaring karena penyakit dideritanya.

Perut Ati yang membesar melebihi tubuhnya sendiri. Saking besarnya perutnya retak dan mengeluarkan cairan. Sudah 6 bulan Ati menahan sakit karena tak ada biaya menjalani rujukan ke Rumah Sakit Ulin.

“Harusnya 6 bulan lalu menjalani rujukan ke RS Ulin Banjarmasin, tapi gak ada duit buat menjalani rujukan tersebut, walaupun Ati memiliki BPJS warga tak mampu,” beber Ketua Komunitas Sayangi Sesama (KS2) Tabalong, Erlina Effendi Ilas, menirukan alasan yang disampaikan, Mardiyah, Ibunya Ati, Selasa (22/12/2020).

Kondisi Ati yang memprihatinkan tersebut dikabarkan Bendehara Pemerintahan Desa setempat pada 21 Desember 2020 tadi kepada KS2.

KS2 langsung menghubungi seorang dokter spesialis tertentu di RSUD Badaruddin Tanjung dengan mengirimkan beberapa foto Ati yang sudah tidak berdaya. Dokter minta sesegeranya dikirim ke RSUD Badaruddin.

Ditemani Kasat Binmas Polres Tabalong, Iptu Salahuddin, KS2 meluncur ke rumah Ati, dibersamai oleh relawan lainya, Bara dan MRI. Di rumah Ati sudah menunggu pihak keluarga dan aparat desa.

Kepada keluarga dan pihak desa, para relawan meminta untuk mempersiapkan diri agar dibawa ke UGD, karena dokter spesialisnya menunggu. Relawan juga menyerahkan dana bantuan untuk keluarga guna mempersiapkan evakuasi.

Kini Ati sudah masuk ke UGD, langsung diantar oleh ambulance desa dan dikawal oleh Sekdesnya, Halik Mawardi.

Ati dipastikan akan menjalani perawatan dan diobservasi di RSUD Badaruddin Tanjung, termasuk akan dilakukan transfusi darah, karena kondisi Ati memang sedang membutuhkannya.

“Kedepan kita pikirkan support yang dibutuhkan selama rujukan ke RSUD Ulin Banjarmasin. Potensinya kemungkinan kesana, mengingat pasien 6 bulan lalu harusnya menjalani rujukan tapi tidka dilakukan,” ujar Erlina.

Erlina menambahkan, jika nanti dirujuk, pihaknya bisa memfasilitasi untuk tinggal di Rumah Singgah PPA di Banjar Baru atau Banjarmasin.

Selama ini sudah ada beberapa orang pasien kanker tidak mampu yang terbantu dengan rumah singgah itu. Bahkan relawan PPA juga memberikan support makanan.

Sumber: klikkalsel.com dan berbagai sumber (dengan judul: Nasib Ati Warga Pulau Ku’u, 6 Bulan Menahan Sakit karena Tak Ada Biaya Berobat)

Berita ini sudah dilihat 521 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga